Ada Bara dari Desa Tebara, Tekad yang Bikin Merinding Digaungkan di Kampung Adat Prai Ijing

Dion Umbu Ana Lodu
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno didamping Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat dengan busana adat setempat - Foto : Dion Umbu Ana Lodu

Desa Wisata Tebara dengan Kampung Adat Prai Ijing adalah lokasi  wsiata yang komplit, bertapa tidak khas dan keunikan yang dimiliki diantaranya adat dan traidsi serta bahasanya yang masih lestari. Selain itu rumah adat khasnya dengan atapilalang dan menara yang seakan melukit langit. Kontruksi rumah panggung dengan 3 tingkatan kokoh berdiri di perbukitan khas Sumba. Dan yang tak bisa dilepaskan adalah deretan kuburan orang – orang terdekat pemilik kampung ini dengan kontruksi Megalithikum. Yang oleh warga setempat mengatakan Batu Kubur Megalitikum menyimbolkan biduk yang membawa pmendiang dalam kuburan itu ke dunia arwah di Praing Marapu/Kehidupan Kekal (Nirwana).


Kampung Adat Prai Ijing di Desa Tebara, Kabuaten Sumba Barat, NTT yang dikunjungi Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Minggu (13/8/2023) - Foto : Dion Umbu Ana Lodu

 

Tidaklah berlebihan jika dit Kampung Adat Prai Ijing, Sandiaga Uno yakin pengembangan Desa Wisata Tebara dengan Desa wisata lainnya di Indonesia akan dapat membantu tercapainya 4,4 juta lapangan kerja baru yang berkualitas pada tahun 2024 mendatang.

“Ini program pamungkas dari desa wisata dimana kita telah visitasi 75 desa ini di seluruh nusantara. Dan kita melihat antusiame masyarakat menyambut kebangkitan ekonomi kita, mudah-mudahan Desa Wisata Tebara ini membawa semangat yang membara untuk berwisata, sehingga menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru berkualitas,” papar Menparekraf Sandiaga.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network