Bawaslu Nagekeo Gandeng Jurnalis Beri Pelatihan Jurnalistik Bagi Jajaran Humas

Dion Umbu Ana Lodu
Ignas Kunda berikan pelatihan cara menulis berita online dan foto jurnalistik kepada para anggota dan humas Bawaslu Nagekeo serta Panwascam di aula Hotel Sinar Kasih, Mbay, Nagekeo, - Foto : iNewsSumba.id

"Berharap ilmu yang didapat ini bisa ditransfer untuk memudahkan kerja kita Bawaslu dalam menyampaikan informasi ke publik. Berkaitan dengan informasi, harus benar disampaikan ke publik. Hal itu agar tidak terjadi polemik di masyarakat. Maka dari itu kita harus sadar pentingnya peran humas. Dengan menulis kita menguasai dunia. Orang mengenal kita dari tulisan," tandas Stefanus.

Dalam materi pelatihan, Ignas Kunda memberikan materi berupa bagaimana pentingnya menulis berita sebagai informasi publik, agar pesannya bisa diterima dan menggugah masyarakat.  Kepada para peserta dia menekankan bahwa pentingnya memilih angle berita atau sudut pandang berita, layaknya dalam fotografi, bagaimana sebaiknya memilih angle yang bagus sehingga menarik mata orang untuk melihat atau membaca tulisan kita.

"Memilih angle harus dipertimbangkan  bahwa kejadian itu berdampak luas bagi masyarakat, paling penting atau menarik yang bisa juga paling ter- bisa terbanyak, terbaik dan lainnya,” papar Ignas Kunda yang juga anggota Pewarta Foto Indonesia itu.

Selain itu,  dalam materinya Igans juga memberikan sejumlah contoh berita pada para peserta. Juga bagaiana harusnya menulis teras berita atau lead berita, agar membuat orang terus membaca, lalu tubuh berita dan kaki berita. Juga dijelaskan bagaimana harus memulai menulis untuk berita online buat website dan media sosial yang ringkas dan singkat agar pembaca tidak beralih membuka media lain.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network