Sekilas Ritual Tarik Batu Kubur Megalith di Desa Lukukamaru Sumba Timur

Dion. Umbu Ana Lodu
Batu kas khas Sumba ini diperuntukan bagi batu kubur tradisonal 2 warga Desa Lukukamaru. Ritual tarik batu ini melibatkan lebih dari 150 orang menggunakan peralatan tradisonal dan dilandasi semangat gotong royong - Kolase Foto : iNewsSumba.id

 

Informasi yang diperoleh di lokasi itu menyebutkan, kedua figur merupakan bagian dari keluarga besar Kabihu (Marga) Wilingakar. Namun untuk prosesi adat dan ritual tarik batu juga melibatkan warga dari marga terkait baik dalam maupun luar kampung.


Ritual tarik batu kubur megalith khas Sumba Timur di Desa Lukukamaru, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Kamis (8/6/2023) lalu - Kolase Foto : iNewsSumba.id

 

Seperti disaksikan saat itu, sebelum batu ditarik juga didahului doa oleh tetua adat sesuai Kepercayan Marapu (Agama asli Sumba). Kemudian dengan dipandu oleh tokoh pilihan, batu ditarik dengan menggunakan tali tradisional yang sebelumnya didudukkan pada kayu berbentuk perahu dan di bawahnya dilandasi dengan kayu gelondongan. Saat yang lain menarik, warga lainnya spontan mengambil kayu gelondongan untuk diletakkan kembali di bagian depan jalur batu akan ditarik.

Ryan Maramba, seorang kerabat si empunya batu kubur mengatakan panjang batu 210 cm, lebarnya 180 cm serta ketebalannya 30 cm dan diperkirakan berat kotornya lebih dari 2 ton. Keluarga sengaja tidak menggunakan peralatan modern karena memang merasa masih bisa dilaksanakan dengan alat sederhana, semangat gotong royong juga sekaligus melestarikan adat serta tradisi.  

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network