Rumpun Keluarga dari 43 Marga serta Ribuan Warga Hadiri Pemakaman Adat di Praiyawang

Dion. Umbu Ana Lodu
Prosesi Penguburan almarhum Umbu Kanabu Ndaung di Kampung Adat Praiyawang. Papanggang dihiasi emas dan atribut khas duduk di atas batu kubur. Sementara di bawahnya jenazah almarhum dimasukan ke liang lahat - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Prosesi pemakaman Almarhum Umbu Kanabu Ndaung,  tokoh adat dan juga bangsawan dari Kampung Adat Praiyawang, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur, NTT, Kamis (25/5/2023) berlangsung dalam adat dan tradisi Sumba Timur dan keyakinan Marapu. Ribuan warga juga turut menjadi saksi peristiwa yang tergolong langka itu.

Sebanyak 43 rombongan adat dari Kabihu (Marga) terkait menghadiri pemakaman Almarhum yang sejatinya telah mangkat sejak 1 Januari 2022 lalu.  

“Ada 43 rombongan adat dari rumpun keluarga terkait yang diundang, selain dari ribuan undangan umum. Almarhum seperti yang kita lihat bersama akan dikuburkan di kuburan Watu Mbeni yang punya kisah tersendiri saat dibangun dan ditarik batu kuburnya,” jelas Umbu Ngadu Ndamu, kerabat dekat mendiang Umbu Kanabu Ndaung beberapa saat sebelum prosesi penyembelihan 4 ekor ternak kerbau dan kuda dilaksanakan sebelum jenazah dimasukan ke dalam lubang makam yang berbentuk kuburan megalith khas setempat.



Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network