Rumpun Keluarga dari 43 Marga serta Ribuan Warga Hadiri Pemakaman Adat di Praiyawang

Dion. Umbu Ana Lodu
Prosesi Penguburan almarhum Umbu Kanabu Ndaung di Kampung Adat Praiyawang. Papanggang dihiasi emas dan atribut khas duduk di atas batu kubur. Sementara di bawahnya jenazah almarhum dimasukan ke liang lahat - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

 

Lebih lanjut Umbu Ngadu Ndamu yang juga Sekretaris Daerah Sumba Timur itu menguraikan, Almarhum Umbu Kanabu Ndaung berasal dari marga atau kabihu Anamburung dan menempati kediaman yang disebut Uma Pendji.

“Uma Pendji ini di masa swapraja lalu merupakan istana dari swapraja Rindi Mangili. Di dalam rumah itu masih banyak peninggalan bersejarah yang bernilai tinggi dari sisi sejarah dan tradisi,” timpal Umbu Ngadu Ndamu.


Sebagian rombongan adat tiba dii pelataran Kampung Adat Praiyawang untuk ambil bagian dalam prosesi pengebumian almarhum Umbu Kanabu Ndaung, tokoh adat dan bangsawan di Kecamatan Rindi, Sumba Timur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

 

 

Seperti disaksikan kala itu, warga dari berbagai wilayah dan juga profesi serta aneka latar belakang usia datang untuk menjadi saksi prosesi penguburan secara adat dan tradisi Marapu itu. Sesekali sebagian warga nampak panik dan berlari menghindari ternak kerbau dan kuda yang memberontak ketika ditebas dengan parang dan lalu meregang nyawa sebelum jenazah almarhum dimasukan ke liang lahat juga pasca dimasukan dan kuburannya ditutup seiring terbenamnya sang surya.  

 

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network