get app
inews
Aa Read Next : Pergi Mancing Saat Cuaca Buruk, Kades Daha Elu Tenggelam dan Hilang di Dermaga Kapulit Sumba Tengah

Pemakaman Bangsawan dalam Ritual Marapu akan Kembali Dilaksanakan di Kampung Praiyawang

Senin, 22 Mei 2023 | 10:36 WIB
header img
Seabgain dari Kuburan Megalith di Kampung Praiyawang, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur yang nantinya menjadi lokasi ritual adat dan tradisi Marapu dalam pemakaman tokoh bangswan setempat Umbu Kanabu Ndaung - Foto : Dion Umbu Ana Lodu/iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id –  Pemakaman dalam adat dan tradisi Marapu akan kembali dilaksanakan di Kampung Adat Praiyawang, Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur, NTT. Kali ini tokoh bangsawan setempat yang dimakamkan adalah Almarhum Umbu Kanabu Ndaung  yang sedianya akan dihelat pada Kamis (25/5/2023) mendatang.

Adapun persiapan dan tahapan menuju hari puncak bahkan pasca pemakaman telah mulai dilakukan dan dimatangkan oleh keluarga dan kerabat terkait Almarhum yang lahir pada 25 Mei tahun 1960 silam dan mangkat pada 1 Januari 2022 lalu.

Merujuk informasi yang diperleh iNewsSumba.id dari Umbu Remi Deta, yang tak lain merupakan anak mantu Almarhum itu menyebutkan mertuanya akan disatukan dengan kakek, nenek serta saudara lelakinya yang telah meninggal dan dikuburkan di masa lalu.

“Bapa mantu akan dikuburkan di Reti Mbeni atau Watu Mbeni. Yang mana disatukan dengan kakek, nenek dan seorang saudara lelakinya,” jelas Umbu Remi, Senin (22/5/2023) siang lalu.

Umbu Remi yang juga dikenal sebagai Sekretaris dari aliran Kepercayaan Marapu di Sumba Timur dan juga putera bungsu dari Almarhum Tamu Umbu Ndjaka, tokoh adat dan bangsawan dari Kampung Raja Prailiu, Kecamatan Kambera itu,   menjelaskan sekilas tentang kuburan atau makam yang akan ditempti oleh mertuanya itu.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut