get app
inews
Aa Read Next : Pergi Mancing Saat Cuaca Buruk, Kades Daha Elu Tenggelam dan Hilang di Dermaga Kapulit Sumba Tengah

Ribuan Orang Hari ini Akan jadi Saksi Penguburan Tokoh Adat di Praiyawang

Kamis, 25 Mei 2023 | 07:13 WIB
header img
Kuburan Watu Mbeni di Kampung Praiyawang, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Insert : Almarhum Umbu Kanabu Ndaung - Foto : iNewsSumba.id

 

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Ribuan orang bisa dipastikan akan menjadi saksi mata prosesi penguburan dalam adat dan tradisi sesuai kepercayaan Marapu di Kampung Praiyawang, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur, NTT, Kamis (25/5/2023) pagi hingga petang nanti. Tokoh adat dan bangsawan setempat yang  akan dimakamkan adalah Umbu Kanabu Ndaung, yang wafat pada 1 januari 2022 silam.

Kehadiran ribuan orang itu selain undangan umum dari ragam kalangan dari beberapa wilayah di Pulau Sumba, juga rombongan adat dari lebih dari 40 Kabihu atau Marga yang miliki hubungan kekerabatan dengan mendiang yang bermarga Anamburung dan bersama keluarga tinggal di rumah yang disebut Uma Pendji di Kampung yang eksotis dengan deretan kuburan megalithnya itu.

Sesuai rencana dan merujuk informasi yang diterima iNewsSumba.id dari Umbu Remi Deta, ponaan sekaligus anak mantu Almarhum, kuburan dengan kontruksi batu megalith tua yang dikenal warga dengan sebutan Reti Mbeni atau Watu Mbeni akan menjadi tempat persemayaman jenazah di rahim ibu pertiwi.   

“Bapa mantu akan dikuburkan di Watu Mbeni, disatukan dengan kakek, nenek dan saudara lelakinya yang telah meninggal puluhan tahun lalu,” jelas Umbu Remi Deta.  

Umbu Kanabu Ndaung sendiri lahir pada 25 Mei tahun 1960 dan meninggalkan seorang isteri serta 5 puteri saat wafat pada 1 Januari 2022 lalu.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut