Sekilas Ritual Tarik Batu Kubur Megalith di Desa Lukukamaru Sumba Timur

Dion. Umbu Ana Lodu
Batu kas khas Sumba ini diperuntukan bagi batu kubur tradisonal 2 warga Desa Lukukamaru. Ritual tarik batu ini melibatkan lebih dari 150 orang menggunakan peralatan tradisonal dan dilandasi semangat gotong royong - Kolase Foto : iNewsSumba.id

“Kurang lebih jarak dari tempat batu sampai ke Kampung Karipi mencapai 1,4 kilometer. Ada yang mendaki kecil ada pula yang landai, ” tukas Ryan ketika ditanya tentang panjang rute yang akan dilalui batu yang didominasi padang dan rerumputan khas sabana Sumba Timur itu.

Semangat gotong royong plus tekad untuk memberikan yang terbaik bagi dua jenazah yang hingga kini masih belum dimakamkan itu berbuah manis. Sekira pukul 15.30 WITA batu tiba di tempat tujuan Kampung Karipi, Desa Lukukamaru.


Ritual tarik batu kubur megalith khas Sumba Timur di Desa Lukukamaru, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Kamis (8/6/2023) lalu - Kolase Foto : iNewsSumba.id

 

 

“Kalau untuk penguburan masih belum tahu kapan, karena pasti keluarga besar akan duduk bersama untuk menentukan hari yang terbaik dan paling pas baik dari sisi adat mapun kesiapan dana untuk upacara penguburannya,” pungkas Ryan selepas ritual tarik batu kubur megalith mencapai titik akhir.

 

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network