Di Sumba Timur, 280 Peserta Ikuti Seleksi Satuan Pendidikan Tinggi Vokasi Lingkungan KKP

Dion. Umbu Ana Lodu
Bupati Sumba Timur Khristofel Praing didampingi Sekda, Umbu Ng. Ndamu dan Kadis Kelautan dan Perikanan, Markus Windi memberikan ucapan selamat pada peserta seleksi Satuan Pendidikan Tinggi Vokasi di Lingkungan KKP - Foto : istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id-  Sebanyak 280 anak yang terdiri dari pemuda dan pemudi asal Kabupaten Sumba Timur, NTT ikut dalam pelaksanaan seleksi Pada Satuan Pendidikan Tinggi Vokasi di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tahun Akademik 2024/2025 di kota Waingapu. Sumba Timur sendiri merupakan satu dari 28 rayon untuk pelaksanaan seleksi itu.

Dalam pelaksanaan itu, juga diikuti oleh 12 orang anak lainnya dari Kabupaten Sumba Tengah. Seleksi sendiri dipantau langsung oleh Panitia secara terpusat dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo yang merupakan Badan Layanan Umum (BLU) pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tahun Akademik 2024/2025.

Bupati Sumba Timur Khristofel Praing, Rabu (19/6/2024) malam lalu usai membuka kegiatan pelaksanaan Satuan Pendidikan Tinggi Vokasi di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tahun Akademik 2024/2025 itu pada wartawan mengatakan peran Pemerintah Daerah yakni  mampu meyakinkan Pemerintah Pusat dalam hal ini KKP, untuk menjadikan Sumba Timur sebagai salah satu tempat pelaksanaan seleksi. Hal itu kata dia, tentu mendatangkan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan akses untuk ikuti seleksi. Apalagi untuk seleksi itu biayanya 100 persen ditanggung KKP.

"KKP telah mempercayakan Sumba Timur sebagai salah satu tempat seleksi Satuan Pendidikan Tinggi Vokasi di Lingkungan Kementerian KKP Tahun Akademik 2024/2025, sehingga masyarakat tidak perlu membuang biaya besar untuk anaknya melakukan tes di luar daerah," tandas Khristofel dalam acara yang dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga setempat itu.

Dalam seleksi itu, Bupati Khristofel juga mengatakan, para peserta umumnya berangkat dari orang tuanya yang berusaha dalam bidang perikanan dan kelautan. Orang tua para pserta seleksi dominan merupakan nelayan, petani rumput laut, petani garam, penjual ikan juga pencari aneka hasil laut lainnya. Dirinya juga memberikan apresiasi pada enam orang peserta lainnya yang secara mandiri menanggung biaya untuk mengikuti seleksi.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network