Kebakaran Rumah Adat di Kampung Kahale Sumba Barat, 61 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Dion. Umbu Ana Lodu
Kebakaran hebat terjadi di Kampung Kahale, Sumba Barat. 9 Rumah adat dan satu rumah khusus ritual adat, tinggal debu dan puing-puing - Foto Kolase : Tangkapan layar FB

SUMBA BARAT, iNewsSumba.id – Kebakaran hebat yang terjadi di Kampung Kahale, Desa Harona Kalla, Kecamatan Laboya Barat, Senin (7/10/2024) sekira pukul 10.00 WITA lalu berdampak pada 61 jiwa yang kehilangan tempat tinggal. Si jago merah membuat 9 rumah adat tradisional beratap ilalang dan berbahan dominan kayu itu tinggal puing. Selain itu 1 rumah adat khusus untuk ritual jadi debu dan arang.

Asap dan api yang berasal dari puing-puing rumah yang terbakar masih mengepul kala Pjs. Bupati Sumba Barat, Floury Rita Wuisan,dan Sekda serta jajaran BPBD setempat melakukan kunjungan ke Kampung Kahale, Desa Harona Kalla, Senin(7/10/2024) siang lalu. Kedatangannya untuk memberikan dukungan moril bagi korban yang terdampak langsung musibah itu.

Floury Rita langsung terlibat interaksi dengan para korban, mendengarkan keluhan serta harapan mereka. Dikatakannya, Pemkab Sumba Barat, akan berupaya maksimal membantu meringankan beban dirasakan oleh para korban. Bantuan emergency berupa kebutuhan pokok dan perlengkapan darurat akan secepatnya didistribusikan pada korban.

“Kami turut berduka atas musibah yang menimpa masyarakat Kampung Kahale. Pemerintah daerah akan terus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan bantuan yang dibutuhkan segera sampai dan masyarakat bisa segera bangkit dari situasi ini,” ungkap Pjs Bupati seperti dilansir dari halaman FB Prokopim Sumba Barat.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network