get app
inews
Aa Read Next : Peringati Kebangkitan Yesus Kristus, Umat GKS Kambaniru Gelar Pawai Obor Kemenangan

Kebangkitan Yesus Kristus, Maria Magdalena dan Asal Muasal Tradisi Telur Paskah

Sabtu, 30 Maret 2024 | 10:01 WIB
header img
Kebangkitan Yesus Kristus dan kemudian menampakkan dirinya pada Maria Magdalena - Foto ilustrasi : istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.idKematian Yesus Kristus yang diraya ingatkan dalam Jumat Agung, dan puncaknya pada Sabtu Suci (Malam Paskah) dan Perayaan Paskah atau Kebangkitan figur yang diyakini sebagai Tuhan dan Juru Selamat umat Kristiani itu, hingga kini seakan tak bisa dipisahkan dari ragam tradisi juga sejumlah tokoh.  Tradisi menghias Telur Paskah dan Tokoh Maria Magdalena, adalah diantaranya.

Tradisi Telur Paskah dan kebangkitan Yesus Kristus sejatinya tak bisa dipisahkan dari sosok Maria Magdalena, seorang perempuan yang namanya juga ada dalam Alkitab. Sosoknya disebutkan sebagai yang pertama melihat wujud Yesus Kristus yang bangkit dari kematianNya pada hari ke-3. Perempuan inilah juga yang disebutkan sejarawan dan juga kisah legenda sebagai figur yang menginspirasi Tradisi Telur Paskah.

Dikutip dari aneka sumber dan diperkuat dengan penjelasan Doktor Bambang Noorsena, dalam kanal Youtubenya, peran Maria Magdalena sebagai saksi pertama Kebangkitan Yesus Kristus dan juga inspirator Tradisi Telur paskah itu dipaparkan ilmuwan asli Indonesia itu. Dikatakannya, Maria Magdalena merupakan pemain kecapi yang handal.

Menurut catatan sejarah Gereja Purba abada ke-3, kata Bambang Noorsena, Maria Magdalena usai menjadi saksi kematian dan juga kebangkitan Yesus Kristus, diundang oleh Kaisar Tiberius untuk bermain kecapi di istananya.

“Datanglah Maria Magdalena bermain kecapi di istana kaisar. Eee sebelum dia memainkan kecapi diceritakannya tentang kebangkitan Yesus. Karena dia (Maria Magdalena) dikenal sebagai rasul kebangkitan,”ungkap Bambang.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut