get app
inews
Aa Read Next : Lakukan Penganiayaan lalu Videonya Viral, UR Ditangkap Buser Polres Sumba Timur

Restorative Justice Tuntas, Kejari Sumba Timur Kembalikan ke Keluarga 5 Pelaku Pidana

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 13:16 WIB
header img
Proses Restorative Justice Tuntas, Kejari Sumba Timur Kembalikan ke Keluarga 5 Pelaku Pidana - Foto : iNewsSumba.id

Di tempat yang sama, Kasie Pidum Muhammad Rony  yang juga sebelumnya bertindak sebagai fasilitator terjadinya mediasi dan kemudian ditindaklanjuti dengan gelaran RJ itu menekankan agar para pelaku yang sebelumnya menyandang status tersangka itu untuk dengan sangat belajar dari kasus yang telah terjadi dan kembali menjalin hubungan baik dengan sesamanya.

“Harus disadari bahwasanya tujuan RJ ini dilakukan adalah untuk mengembalikan situasinya kembali seperti semula, dimana rukun dan tanpa ada permasalahan yang harus dihadapi dengan tindak kekerasan dan kemudian berdampak pada proses hukum,” tegas  Muhammad Rony.

Paska tuntasnya proses itu, kepada iNews.id, Muhammad Rony dan Abdul Haris menjelaskan kelima tersangka yang dikembalikan ke keluarganya itu terkait perkara pidana pengeroyokan dan penganiayaan.


Proses pelepasan rompi dan borgol 5 pelaku pidana oleh PLh Kajari paska permohonan Restorative Justive-nya dikabulkan oleh Kejati dan Kejagung di depan Kantor Kejari Sumba Timur - Foto : iNewsSumba.id

 

“Kelimanya yang tadi kita kembalikan ke keluarga itu sebelumnya terkait kasus penganiayaan yang dilakukan bersama – sama ada 2 orang dan 3 orang lainnya kasus penganiayaan biasa. Perlu juga kami sampaikan di sini bahwa sepanjang tahun 2023 ini Kejari Sumba Timur sukses laksanakan 11 restorative justice yang mana tertinggi untuk seluruh Kejari se-NTT,” jelas Muhammad Rony diamini Abdul Haris.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut