get app
inews
Aa Read Next : Melkianus dan Atneil Bantah Lakukan Penggelapan Sertipikat Tanah, Keduanya Siap Hadapi Proses Hukum

Hadirkan Bupati, Kejari Sumba Timur Hentikan 2 Kasus Pidana Dengan Restorative Justice

Senin, 31 Juli 2023 | 23:45 WIB
header img
Pelaku KDRT dan korban serta pelaku penganiayaan terhadap adik kandung (berompi) saat bersama menjalani proses Restorative Justice di ruang kerja Kajari Sumba Timur yang juga dihadiri oleh Bupati dan Sekda setempat - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumba Timur tidak melanjutkan proses hingga ke pengadilan terhadap 2 kasus tindak pidana dengan melalukan Restorative Justice (RJ). Adapun 2 kasus dimaksud terkait KDRT dan juga penganiayaan yang dilakukan kakak pada adik kandungnya.

Pihak Kejari selain hadirkan para pihak yang terlibat dan keluarganya, juga menghadirkan Bupati Sumba Timur Khristofel Praing dan Sekda Umbu Ngadu Ndamu mewakili tokoh masyarakat.  Proses ini berlangsung di ruang kerja Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumba Timur, Senin (31/7/2023) pagi hingga jelang siang lalu.

Kajari Sumba Timur Victoris Parlaungan Purba  mengatakan dengan terlaksananya RJ ini, penangananan perkara tidak lagi dilanjutkan ke Pengadilan. Hal itu terjadi sebut dia karena kedua pihak baik korban maupun pelaku sepakat berdamai tanpa adanya unsur paksaan.

“Semuanya ini agar semua kembali ke keadaan semula dimana hubungan baik terjalin lagi, dimana suami bisa berkumpul kembali bersama isteri dan anak – anak, adik dan kakak bisa kembali dalam hubungan erat dalam kasih dan kekeluargaan,” tandas Kajari Sumba Timur.

Bupati Sumba Timur Khristofel Praing dalam kesempatan itu menegaskan bahwa RJ yang terjadi tentunya juga dikehendaki oleh Sang Ilahi pemilik hidup dan kehidupan. Pendekatan RJ sebutnya adalah tindakan yang mulia. Selain itu, dikatakannya bahwa kekeliruan adalah hal yang sangat manusiawi namun tidak lantas kekeliruan itu direncanakan.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut