get app
inews
Aa Read Next : MNC Izinkan Nobar Timnas asal Tidak Tujuan Komersil, 2 Titik di Sumba Timur bisa jadi Referensi

Sidang Pra Peradilan di PN Waingapu, Hakim Putuskan Penetapan Umbu Tomi Sebagai Tersangka Tidak Sah

Selasa, 24 Oktober 2023 | 08:54 WIB
header img
Dokumentasi sidang pra peradilan yang dihadiri 2 anggota tim Kuasa hukum dan Hakim tunggal dalam sidang pra peradilan yang dimohonkan Tomi Umbu Pura paska ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres Sumba Timur - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.idSidang pra peradilan yang diajukan oleh Tomi Umbu Pura, anggota DPRD Sumba Timur yang ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres setempat telah mencapai puncaknya, Senin (23/10/2023) siang lalu. Hendro Sismoyo selaku hakim tunggal dalam yang menyidangkan permohonan pra peradilan  di Pengadilan Negeri (PN) Waingapu dengan nomor perkara 4 /Pid.Pra/2023/PN Waingapu itu memutuskan mengabulkan sebagian permohonan yang diajukan dalam pra peradilan itu.

Hendro Sismoyo ketika membacakan pertimbangannya menyatakan pemeriksaan terhadap anggota DPRD kabupaten/kota harus sepengetahuan gubernur. Hal itu merujuk Undang-Undang Nomor 13 tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, khususnya pada pasal 245 tentang hal imunitas anggota DPRD.

Oleh karena itu, sebut Hendro pemeriksaan terhadap anggota DPRD kabupaten/kota baik sebagai saksi maupun sebagai tersangka dalam sebuah kasus pidana harus sepengetahuan gubernur. Hal mana sebutnya tidak dilakukan oleh penyidik Polres Sumba Timur baik sejak pemanggilan maupun penetapan Tomi Umbu Pura sebagai tersangka.

Hakim Hendro menolak permohonan perihal semua alat bukti yang menjadi dasar penetapan Tomi Umbu Pura sebagai tersangka dan penghentian penyidikan atas dugaan keterlibatannya dalam kasus dugaan pencurian mesin pompa air jumbo (dosing pump). Hakim dalam kesempatan itu kembali menegaskan penyidik Polres Sumba Timur untuk mencabut status tersangka yang diberikan pada Tomi Umbu Pura alias mengembalikan statusnya seperti semula

"Kepada termohon untuk dipulihkan kembali statusnya kepada situasi semula," tandas Hendro dalam sidang itu.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut