get app
inews
Aa Read Next : Raih Nilai Tertinggi, Kabupaten Sumba Timur Dapat Penghargaan MCP dari Dit Korpus Wilayah V KPK

Jejak Mentan Syahrul Yasin Limpo di Sumba Tengah, dari Food Estate Hingga Itik

Sabtu, 30 September 2023 | 12:32 WIB
header img
Kawasan Food Estate Sumba Tengah, NTT yang merupakan jejak kinerja Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Insert : Presiden Jokowi didampingi Mentan SYL dalam kunker ke Sumba Tengah akhir Februari 2021 silam - Foto kolase tangkapan layar

Proyek Food estate Sumba Tengah sendiri selain pencetakan sawah juga penyediaan sarana prasarana berupa penyediaan sumur bor, alsintan, pupuk, dan lainnya. Dalam proyek itu juga diadakan itik untuk dibagikan pada warga melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Masih dari sumber yang sama menyebutkan bantuan bibit ternak itik sebanyak 10.000 ekor diberikan. Tahap pertama, itik tiba di Kabupaten Sumba Tengah 15 Februari 2021 sebanyak sekitar 6.200 ekor terdiri dari Day Old Duck (DOD) dan itik dara, sisanya akan dikrimkan dan dibagikan kemudian.


Presiden Jokowi dengan payung susuri pematang dan masuk ke lokasi persawahan dalam kawasan Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah sekalipun dalam kondisi hujan dan petir - Foto : Istana Kepresidenan

 

Informasi penetapan SYL sebagai TSK dugaan korupsi oleh KPK itu terus berhembus kencang seiring penggelahan tim KPK di rumah dinasnya juga kantor Kementan RI, Kamis (28/9/2023) hingga Jumat (29/9/2023). Sejumlah dokumen, juga uang tunai serta senjata api disebutkan telah diamankan tim penyidik KPK dalam penggeledahan itu.

Terkait realita itu, publik di Sumba terutama Sumba Tengah bereaksi. Hal itu paling tidak terungkap melalui media sosial oleh para warganet. Selain mempertanyakan kelanjutan program Food Estate juga menduga – duga adakah proyek ini juga terkait dengan kasus korupsi yang menjerat sang Mentan SYL?

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut