Paskibra untuk HUT RI ke-79 di SBD Mantapkan Persiapan, Dandim Beri Materi Wawasan Kebangsaan

Dion. Umbu Ana Lodu
Para peserta Paskibra untuk HUT RI ke-79 di Kabupatenn SBD bersama instruktur pose bersama paska upacara pembukaan pelatihan di halaman depan Makodim 1629/SBD - Foto : istimewa

Seusai Upacara pembukaan latihan, Dandim 1629 SBD Letkol (Czi) Novi Kurniawan juga berkesempatan memberikan materi wawasan kebangsaan kepada 70 anggota Paskibra yang terpilih dari SMA dan SMK di kabupaten SBD. Dandim yang juga merupakan arbituren SEPA PK 2003 itu menyampaikan sejumlah materi penting yang mencakup berbagai aspek wawasan kebangsaan.

Dandim memberikan manteri seputar Wawasan Kebangsaan yang pada intinya menjelaskan dan menekankan pada pentingnya memiliki wawasan kebangsaan yang kuat sebagai landasan dalam membangun identitas nasional yang kokoh.  Selain itu pemanfaatan ilmu pengetahuan, seni dan Teknologi untuk kepentingan bermasyarakat.

Para peserta Paskibra juga ditekankan pentingnya penghormatan martabat dan hak asasi manusia, cinta tanah air dan Bangsa Indonesia. Dandim juga mengingatkan tentang sosok Juanda, salah satu Pahlawan Nasional yang sangat mencintai tanah air dan bangsanya yang dikenal dengan Deklarasi Juanda.  


Penyematan pita pada perwakilan peserta Paskibra untuk HUT RI ke-79 oleh Kornelius Kodi Mete, Bupati SBD di Makodim 1629- Foto : istimewa

 

“Dulu batas laut kita yang diakui oleh dunia internasional itu hanya tiga mil dari garis batas panta. Jadi kepulauan di Indonesia ini akan terpisah oleh laut internasional. Dengan adanya Deklarasi Juanda, saat ini Indonesia disatukan oleh lautan,” papar Dandim Nova Kurniawan yang juga mantan Guru Militer di Pusat Pendidikan Zeni Angkatan Darat itu.

“Saya berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat menjadi agen perubahan yang positif di lingkungannya masing-masing. Dengan wawasan kebangsaan yang kuat, kita semua dapat bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkas Novi Kurniawan,  yang pernah menjabat komandan Detasemen Zeni Bangunan 3/II Jambi itu.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network