get app
inews
Aa Read Next : Kaesang Kampanye di Tuban, Pastikan Saksi PSI Mengawal Suara di TPS

Setelah UGM dan UII ,Kini Guru Besar dan Alumni UI juga Keluarkan Pernyataan Sikap Ingatkan Jokowi

Jum'at, 02 Februari 2024 | 18:57 WIB
header img
Guru Besar dan Alumni UI Keluarkan Pernyataan Sikap Ingatkan Presiden Jokowi - Foto kolase : MPI

"Mereka lupa bahwa di dalam hutan, di pinggir sungai, danau dan pantai, ada orang-orang, flora dan fauna, dan keberlangsungan kebudayaan masyarakat adat, bangsa kita," timpalnya dalam momen yang juga dihadiri oleh puluhan guru besar yang lakukan long march dari Balai Sidang menuju area halaman Rektorat UI lengkap dengan toga.

Para guru besar dan akademisi dari kampus ternama itu juga melantukan hymne Guru Besar, Hymne UI dan lagu perjuangan Maju Tak Gentar.

Sebelumnya pada Rabu (31/1/2024) lalu civitas akademika UGM yang terdiri atas guru besar, dosen, mahasiswa, serta alumni juga menyampaikan petisi Bulaksumur. Petisi yang dibacakan oleh Prof Koentjoro itu menyatakan keprihatinan pada tindakan sejumlah penyelenggara negara di berbagai lini yang mereka nilai menyimpangi prinsip moral, demokrasi dan keadilan sosial. Tidak hanya itu, dalam petisi itu, Presiden Jokowi juga diingatkan pada jati diri UGM.

Tak jauh berbeda, Rektor UII Yogyakarta Prof Fathul Wahid juga mengeluarkan pernyataan sikap atas kondisi perkembangan politik nasional menjelang Pemilu 2024. Dirinya melihat adanya gejala praktik penyalahgunaan kewenangan dan kekuasaan yang ditunjukkan Presiden Jokowi yang juga dinilainya memudarkan sikap kenegarawanan dalam tubuh pemerintahan Indonesia.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut