get app
inews
Aa Read Next : Sungguh Kejam, Gadis Disabilitas di Kecamatan Umalulu ini Dihamili Ayah Tiri

Dinas Sosial Sumba Timur Siap Gantikan Beras Bansos DID yang Dikeluhkan Warga Tidak Layak Konsumsi

Jum'at, 05 Januari 2024 | 22:27 WIB
header img
Tampilan Beras Bansos DID di Sumba Timur yang dikeluhkan sebagian warga tidak layak konsumsi karena berwarna kekuningan dan berbau apek - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id - Beras Bantuan Sosial (Bansos) yang pengadaannya menggunakan Dana Insentif Daerah (DID) telah lebih dari 90 persen disalurkan pada ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Dinas Sosial Kabupaten Sumba Timur, NTT. Namun sejumlah penerima pada beberapa wilayah mengeluhkan kualitas beras Bansos itu. Selain berwarna kekuningan dan ada yang kehitaman, juga berbau apek hingga disebutkan tidak layak konsumsi.

Terkait keluhan itu, Kepala Dinas Sosial Sumba Timur, Harun Rodis Marambadjawa, menegaskan siap untuk menarik dan menggantikan beras yang kualitasnya dikeluhkan warga itu. Hal itu disampaikannnya kala dikonfirmasi iNews.id di ruang kerjanya, Jumat (5/1/2023) siang lalu.

“Berapapun banyak berasnya jika merasa tidak layak dikonsumsi jangan dimakan, karena akan kami tarik dan gantikan kembali.Kami sudah punya komitmen dengan kontraktor untuk menarik dan menggantikan beras yang kondisinya seperti itu,” tandas Harun.

Harun yang saat itu didampingi Sekdis Sosial, Yiwa Kondanamu dan pejabat teras Dinas Sosial Sumba Timur itu lebih lanjut menyatakan, keluhan serupa pernah pula disampaikan warga Desa Kalamba, Kecamatan Haharu. Juga saat pembagian di Kecamatan Kambata Mapambuhang beberapa waktu lalu. Namun demikian beras Bansos yang dikeluhkan warga Kalamba telah diambil dan diuji kembali oleh pihak Dinsos dan ternyata layak konsumsi.    

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut