get app
inews
Aa Read Next : Duga Ada Pelanggaraan Pelaksanaan Pemilu di Kadi Wano, Bawaslu Sumba Barat Daya Rekomendasikan PSU

Ribuan Warga belum Terekam e-KTP, Petugas Disdukcapil Sumba Timur Kerja Lembur

Kamis, 25 Januari 2024 | 07:49 WIB
header img
Kantor Disdukcapil Sumba Timur setiap hari dijejali warga yang hendak melakukan perekaman e-KTP. masih ribuan warga belum lakukan perekaman - Foto kolase : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Pemilu 2024 tinggal hitungan hari akan dilaksanakan. Namun masih banyak warga di Kabupaten Sumba Timur, NTT yang belum terekam e-KTP. Padahal syarat utama untuk bisa memilih adalah memiliki dan bisa menunjukkan KTP.

Setiap hari terpantau warga menjejali lorong dan emperan serta halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumba Timur. Warga berasal dari berbagai wilayah, dengan sabar dan sesekali ada intrik untuk lakukan perekaman e-KTP.

Sejumlah warga yang ditemui mengaku, mereka antri paling sedikit 1 jam, untuk kemudian namanya dipanggil dan kembali masuk antrian dalam ruang perekaman. Banyak warga yang datang atas kehendak dan biaya sendiri. Namun ada pula yang dimobilisasi Pemerintah Desa juga figur-figur yang dikenal sebagai Caleg dari Partai tertentu.

“Saya dari Penang  di Kecamatan Kambata Mapambuhang, dari pagi sudah tapi ini sudah mau jam 2 baru dipanggil ke ruang perekaman. Saya ke sini tadi naik bus,” jelas Yoseph yang juga mengaku sebagai pemilih pemula itu pada iNews.id.

“Kalau saya dari Lailanjang, Kecamatan Rindi, sama juga datang dari pagi. Tapi tidak apa-apa biar antri berjam-jam asal tetap dilayani. Saya semangat untuk dapat KTP biar bisa memilih karena ini pertama saya ikut pemilu,” timpal Nikson yang juga menunggu giliran perekaman.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut