get app
inews
Aa Read Next : Zero to Hero, Program Lapas Waingapu dan TP PKK Sumba Timur yang juga Libatkan Pers

Kadisdukcapil dan Sejumlah Stafnya masuk Lapas Kelas IIA Waingapu, Ada Apa?

Kamis, 03 Oktober 2024 | 11:04 WIB
header img
Kadisdukcapil Sumba Timur dan sejumlah stafnya masuk Lapas Kelas IIA Waingapu. Disambut antusias Kalapas dan Warga Binaan - Foto Kolase : Humas Lapas/iNewsSumba

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumba Timur, Safriyanti Ina Dapadeda dan sejumlah stafnya masuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Waingapu, Rabu (2/10/2024) pagi lalu. Situasi itu menjadi sebuah realita guna mewujudkan terlaksananya kegiatan Gelar Pelayanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital dan Perekaman E-KTP.

Pelayanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi Petugas, serta perekaman E-KTP untuk warga binaan di Lapas Kelas IIA Waingapu disambut antusias petugas dan juga para warga binaan.

Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan akses, kualitas layanan, serta pemenuhan administrasi kependudukan sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, terutama bagi mereka yang terhalang oleh berbagai kondisi.

"IKD memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan publik secara online, serta menjamin keamanan dan privasi data kependudukan,dan kami membuka ruang seluas-luasnya baik itu petugas maupun warga binaan menyampaikan kendala terkait administrasi kependudukan,” tandas Safriyanti Ina Dapadeda, Kadisdukcapil Sumba Timur sebelum memulainya kegiatan itu.

Program layanan yang dilaksanakan ini mendapatkan apresiasi dari warga binaan dan petugas Lapas Kelas IIA Waingapu. pasalnya, dengan pelayanan ini, warga binaan dapat memiliki identitas resmi yang memudahkan mereka dalam berinteraksi dengan layanan publik.

"Ini adalah langkah positif untuk membantu warga binaan kami untuk mendapatkan pemenuhan hak identitas mereka, yang kedepannya dapat digunakan sebagai hak pilih dalam pemilu kepala daerah, pelayanan Kesehatan, Pendidikan dan pengurusan administratif lainnya,” tandas Kepala Lapas Kelas IIA Waingapu, Revanda Bangun.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut