get app
inews
Aa Read Next : Usung Misi Tingkatkan Kualitas SDM Masyarakat, Unkriswina dan 3 Desa Sepakati Kerja Sama

Sumba Partners Club jadi Ajang Ungkapkan Pendapat Terkait Politik dan Ancaman Erosi Demokrasi

Jum'at, 15 Desember 2023 | 21:54 WIB
header img
Diskusi publik dengan tema Pemilu 2024 dan Ancaman Erosi Demokrasi dilaksanakan oleh Sumba Partners Club dan Prodi Hukum Unkriswina Sumba Timur - Foto : INewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Penerapan kurikulum merdeka kampus merdeka yang menjadi salah satu pijakan digelarnya diskusi publik sekaligus dilaunchingnya Sumba Partners Club (SPC) oleh Prodi Hukum Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba, Jumat (15/12/2023) sore hingga malam lalu. Momen inipun jadi ajang untuk mengungkapkan pendapat terkait hingar bingar politik dan juga kehidupan demokrasi.

Diskusi publik dengan tema “Pemilu 2024 dan Ancaman Erosi Demokrasi” itupun berlangsung hangat, karena menghadirkan stake holder terkait mulai dari penyelenggara pemilu, penegak hukum, pemerintah,politisi dan pers juga akademisi dari unsur dosen dan mahasiswa.  Maklon F. Killa, Rektor Unkriswina Sumba dalam sambutannya menyatakan apresiasinya pada Ketua Prodi Hukum Unkriswina, Umbu Pajaru Lombu dan Owen Podger selaku mitra yang menggagas hadirnya SPC.

Beberapa pandangan yang diungkapkan oleh para tokoh yang hadir, senada menyatakan ancaman erosi demokrasi itu bukan lagi sebatas asumsi namun telah nyata terjadi. Hal itu makin menguat seiring paparan Hina Mehang Patalu, Ketua Bawaslu Sumba Timur yang menyatakan bahwa Sumba Timur menduduki rangking ke-4 nasional sebagai daerah yang ASN -nya tidak netral dalam Pemilu.

“Nyata di lapangan atau di masyarakat terjadi itu dimana  tidak netralnya ASN atau PNS. Dan itu kian diperkuat dengan ketika perbedaan pilihan politik juga berdampak pada ASN yang harus dipindahkan ke luar kota atau di gunung sana,” beber Dodi Lulu, salah satu politisi yang  hadir dan berpendapat yang mana disambut paparan senada dari Oktobius W. Ringu, seorang politisi muda yang juga hadir kala itu.

“Erosi demokrasi itu bukan lagi ancaman tapi sudah terjadi,” timpal Oktobius.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut