get app
inews
Aa Read Next : Hilang Kendali Karena Pecah Ban Belakang, Angkudes Plat Merah Terbalik di KM 18 Sumba Timur

3 Ledakan di Polres Sumba Timur Kejutkan Warga, Gas Air Mata Bubarkan Undangan

Selasa, 17 Oktober 2023 | 12:47 WIB
header img
Simulasi SISPAMKOTA di halaman belakang Polres Sumba Timur diwarnai aksi peledakan bom oleh tim pembebasan sandera dan Jihandak dari unsur Brimob - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Dentuman keras terdengar 3 kali dan mengejutkan warga sekitar Polres Sumba Timur juga tamu undangan yang tersisa. Ledakan itu berasal dari 2 bom yang harus diledakkan 3 kali oleh dengan maksud berbeda oleh aparat terkait, Selasa (17/10/2023) siang tadi.

Ledakan dari bom itu merupakan bagian dari gelaran simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) yang dilaksanakan aprarat gabungan di halaman belakang Polres Sumba Timur. Disaksikan dalam simulasi saat itu, tim penyelamat sandera dari unsur Brimob melakukan aksi pembebasan Ketua KPU yang disandera, namun karena pintu masuknya terkunci rapat maka anggota tim itu menggunakan bom dengan daya ledak rendah untuk menghancurkan pintu lalau masuk membebaskan sandera.

Dalam lokasi yang sama ternyata ditemukan benda yang mencurigakan sehingga diambil langkah menurunkan Tim Penjinak Bom (Jihandak) yang datang untuk memeriksa, mengambil dan membawa benda yang ternyata berisi bom itu ke tempat yang lebih aman. Selanjutkan ditempuh langkah untuk menguraikan bom dan langkah ini juga ternyata belumlah cukup hingga perlu dilakukan langkah lanjutan dengan mengahancurkan bom itu, yang mana menimbulkan dentuman ledakan yang jauh lebih keras.

“Aih apa yang meledak itu, keras sekali tadi. Kami yang baru mau masuk toko tadi kaget. Pikir ada apa – apa, ee ternyata bom  dalam simulasi,” ungkap Andi salah satu warga yang sempat ditemui iNews.id selepas kegiatan di depan pertokoan Payeti. 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut