get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Menteri KKP Pastikan Tambak Udang di Sumba Timur Berteknologi Mutakhir dan Ramah Lingkungan

Minggu, 22 Januari 2023 | 19:03 WIB
header img
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono didampingi oleh Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing melihat kesiapan lokasi budi daya modern tambak udangdari ketinggian - Foto : Dion Umbu Ana Lodu

 

“Kalau lingkungan lautnya sehat tentunya akan lebih banyak manfaatnya bagi daerah juga bangsa secara keseluruhan. Kalau dipinggir pantai seperti yang teman – teman lihat selalu cenderung rusak mangrovenya karena tidak ada IPAL nya,” paparnya.


Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, di dampingi Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing saat meninjau kesiapan lokasi tambak udang di desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai, - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

 

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono yang kala itu didampingi oleh Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing dan sejumlah pejabat teras KKP itu juga menjelaskan, nantinya air laut akan ditarik dengan sistem perpipaan dari kawasan pesisir berjarak sekira 3 kilometer.

“Kalau dari pesisir pantai ke sini bisa sekira 3 kilometer. Tapi airnya sendiri bisa jadi sekitar 10 kilometer ke tengah laut,” timpalnnya.  

Untuk diketahui dari rencana lokasi tambak udang dengan luasan efektif 525 hektar, nantinya akan uji coba produksi di tahun 2023 ini. Investasi direncanakan sebesar Rp7,5 Trilyun dan dimulai pembangunan di tahun 2023 ini. Di luasan itu nantinya akan dibangun kolam sebanyak 2100 petak dan diperkirakan merekrut tenaga kerja maksimal 5 ribu orang.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut