Logo Network
Network

4 Penyakit ini Terkategori Silent Killer, Kenali Gejalanya Agar Bisa Ditangani Sejak Dini

Wiwie Heriyani
.
Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:14 WIB
4 Penyakit ini Terkategori Silent Killer,  Kenali Gejalanya Agar Bisa Ditangani Sejak Dini
Penyakit jantung salah satu jenis penyakit Silent Killer - Foto : Reuters

4.            Diabetes

Penyakit yang disebut sebagai silent killer membahayakan adalah diabetes. Ketika kita makan, kebanyakan jenis makanan akan berubah menjadi glukosa. Selanjutnya Pankreas yang ada dalam tubuh kita akan memproduksi hormon bernama insulin yang berguna untuk mengubah glukosa (gula) menjadi energi. Namun, ketika kita terlalu banyak mengonsumsi gula dalam jangka waktu berkepanjangan, pankreas akan tidak mampu lagi memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Pada akhirnya kadar glukosa dalam darah kita akan terlalu banyak.  Ketika darah terlalu banya mengandung glukosa maka ini akan berakibat terlalu lelahnya jantung memompa darah, dan pada akhirnya akan menyebabkan gangguan fungsi jantung.

Diketahui ada dua jenis diabetes, yakni tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah jenis diabetes yang biasa dialami oleh remaja dan anak-anak. Sedangkan diabetes tipe 2 adalah yang paling sering dijumpai pada berbagai kalangan. Diabetes yang menyandang sebutan penyakit silent killer adalah diabetes melitus tipe 2. Pemicunya adalah penumpukan gula dalam darah karena masalah produksi atau penggunaan insulin oleh tubuh.

Itulah keempat jenis penyakit yang masuk ke dalam kategori  Silent Killer. Pembunuh pelan-pelan yang mengintai nyawa ini dapat dikurangi resikonya dengan upaya pencegahan yang baik. Upaya pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan kebiasaan hidup sehat. Mengurangi asupan gula dan juga makanan yang mengandung karbohidrat bisa juga menjadi pilihan. Menjauhi rokok, makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, dan juga olah raga secara rutin dikatakan dapat mengurangi resiko terkena penyakit Silent Killer.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tanpa Gejala! Ini Daftar Penyakit yang Disebut sebagai Silent Killer "

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.