get app
inews
Aa Read Next : Akhirnya Sumba Timur Bersama 25 Kabupaten Lainnya Terentaskan dari Kategori Kabupaten Tertinggal

Rayakan Keberhasilan Sejumlah Praktik Baik dan Kisah Sukses Program Estungkara dengan Inklusi Day

Sabtu, 21 September 2024 | 23:01 WIB
header img
Semarak puncak Inklusi Day di Desa Wanggameti, Kecamatan Matawai La Pawu, di hadiri Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing - Foto Kolase: LBL/iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Pemenuhan hak kewarganegaraan bagi kelompok adat khususnya perempuan, anak dan disabilitas melalui program Estungkara merupakan tujuan dari KEMITRAAN sebagai mitra program inklusi. Berbagai strategi intervensi akan dilakukan untuk mendorong kesetaraan dan keadilan gender melalui peningkatan ekonomi, penguatan kapasitas dan pendidikan kritis, agar perempuan adat setara dengan kaum laki-laki dalam tatanan masyarakat.

Di Kabupaten Sumba Timur, NTT, sejak Selasa (17/9/2024) hingga Minggu (22/ 9/2024) dilaksanakan Inklusi Day. Pelaksanaannya melibatkan pemerintah, CSO dan Masyarakat adat. Sebagai salah satu mitra pelaksana program Estungkara, Lembaga Bumi Lestari (LBL) dipercaya menjadi pelaksana kegiatan.

Inklusi Day dilaksanakan pada 4 Desa di Sumba Timur, yakni  Desa Kalamba, Kecamatan Haharu, Desa Ndapayami, Kecamatan Kanatang, Desa Mbatakapidu, Kecamatan Kota Waingapu dan Desa Wanggameti, di Kecamatan Matawai La Pawu. Ke-4 desa itu hingga kini masih didampingi LBL yang mengfokuskan terbentuknya kelompok-kelompok wanita tani agar mandiri juga pelibatan perempuan adat dalam pemanfaatan sumber daya alam, serta penguatan kelompok disabilitas melalui forum-forum disabilitas.

Sejumlah praktek baik dijabarkan dan dibagikan dalam rangkaian kegiatan Inklusi Day. Demikian dipaparkan Laode M. Syarif, Direktur Eksekutif KEMITRAAN pada wartawan, Jumat (20/9/2024) malam lalu.  

“Inklusi Day merupakan perayaan keberhasilan untuk menampilkan beberapa praktik baik dan kisah sukses dari program Estungkara yang melibatkan komunitas masyarakat adat untuk meningkatkan perspektif keadilan gender dan keterlibatan kelompok marginal dalam pengelolaan sumber daya alam,” paparnya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut