get app
inews
Aa Read Next : Warga Antusias Beli Beras SPHP Bulog di Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur

Pemkab Sumba Timur Berupaya Maksimalkan Kepedulian Pada Pemenuhan Hak Anak

Sabtu, 20 April 2024 | 09:31 WIB
header img
Ketua TP PKK Sumba Timur Merliaty Praing Simanjuntak bersama Forum Anak canangkan Germas Gemilang dalam Musrenbang - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id - Pemenuhan hak anak dalam pelabagi aspeknya tentunya harus jadi pencermatan semua komponen masyarakat. Untuk wujudkannya perlu dengan menyerap langsung aspirasi anak terutama oleh pemangku kepentingan. Sehubungan dengan itu, Pemkab Sumba Timur berupa maksimalkan sikap peduli pada pemenuhan hak anak dengan mengimplementasikan dalam program pembangunan.

Mulai dari tingkat musyawarah pembangunan desa (Musrenbangdes) lalu tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) aspirasi anak diserap oleh pemerintah hingga tingkat Kabupaten (Musrenbangkab). Perwakilan anak diberikan ruang yang cukup untuk menyuarakan harapan atau aspirasinya.

Seperti yang tersaji dalam Raker Pamong Praja yang dirangkaikan dengan Musrenbangkab di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Kota Waingapu, Rabu (17/4/2024) hingga Jumat (19/4/2024) aspirasi anak kembali didengarkan. Sejumlah harapan disampaikan oleh Forum Anak Sumba Timur. Penyampaian aspirasi anak dalam momen itu dianggap tepat karena dihadiri oleh ragam stake holder mulai dari aparat pemerintahan, lembaga pemerhati anak dan perempuan, pers hingga badan usaha.

Disaksikan saat itu, selepas mendengarkan aspirasi dan secara menerima buku saku pemenuhan hak anak, juga bunga hasil daur ulang kertas bekas dari perwakilan forum anak dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK, Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing bersama para pimpinan OPD tegaskan komitmen untuk pemenuhan hak anak. Ditegaskan Bupati saat itu untuk berupaya maksimal melalui perangkatnya juga komponen lainnya, mulai dari kota hingga desa di Sumba Timur sebagai wilayah ramah hak anak dan perempuan.

“Aspirasi yang disampaikan lngsung oleh anak-anak dari Forum Anak tadi itu berangkat dari realita yang mereka rasakan. Karena itu perlu utuk diperhatikan dan ditindaklanjuti secara nyata oleh kami selaku aparatur dan pengambil kebijakan,” tegas Bupati Khristofel Praing menyikapi aspirasi yang disampaikan Forum Anak Sumba Timur terkait minimnya fasilitas pendukung bagi mereka dalam rangka bermain dan mengembangkan kreatifitas dan mengakses informasi serta pengetahuan.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut