get app
inews
Aa Read Next : Tanahnya Dilintasi Proyek Jalan Kabupaten, Intrik Rian versus Dinas PUPR Sumba Timur Berakhir Damai

Puluhan Tahun Kesulitan Air Bersih, Kini Sumber Air Sudah Dekat Dengan Warga Pambotanjara

Minggu, 03 Desember 2023 | 19:43 WIB
header img
Warga Desa Pambotanjara, Kabupaten Sumba Timur kini sudah bisa nikmati air bersih karena Sumber Air Su Dekat - Foto : istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Puluhan tahun ratusan Kepala Keluarga di Desa Pambotanjara, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT, identik dengan kesulitan mengakses air bersih. Namun beberapa hari terakhir ‘Sumber Air Su Dekat’ dengan pemukiman warga setempat.

Kondisi itu dibenarkan oleh Titus Umbu Ray, Kepala Desa (Kades) Pambotanjara, ketika dikonfirmasi iNews.id, Minggu (3/12/2023) siang lalu. Dekatnya sumber air itu sebut dia sering dengan progres Proyek Peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Desa Makamenggit, Kecamatan Nggaha Ori Anggu.

“Syukur sekarang sumber air sudah lebih dekat dengan kami  warga Desa Pambotanjara. Saya ingat waktu saya kecil dulu tahun 90-an kami jalan kaki jauh sampai Kalela untuk ambil air bersih. Dan itu terus berlanjut sampai sebelum air leding dan perpipaan ini masuk ke desa kami seperti sekerang ini,”ungkap Umbu Ray.

Umbu Ray yang dihubungi lewat jalur WA di telpon selularnya itu dikonfirmasi seiring dengan status akun Facebooknya yang memuat foto terkait air bersih yang telah dekati pemukiman warga desa yang dipimpinnya.

“Itu foto kondisi di menurun setelah bukit wisata Lai Uhuk Wairinding, nantinya akan terus dilanjutkan salurannya sampai ke kawasan hutan jati arah kota Waingapu atau jalan masuk ke Kampung Maritu,” timpalnya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut