get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Desainer Perhiasan Internasional dan Master Aksesoris Sumba Jalin Kolaborasi dalam Program Cultukar

Senin, 06 November 2023 | 23:26 WIB
header img
Public Presentation Sumba Residency Qatar – Indonesia 2023 Year of Culture, di Hotel Kambaniru, Sumba Timur, NTT, dihadiri oleh Sekda setempat juga desainer internasional serta ahli aksesoris logam khas Sumba -Foto Kolase : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Desainer perhiasan internasiol dan master aksesoris khas Sumba dipertemukan dalam program Cultukar. Program Cultukar sendiri merupakan program Residensi Kolaboratif di Sumba Timur  dalam bingkai Qatar-Indonesia 2023 Years of Culture. Program ini diluncurkan pertama kali oleh Qatar Museums pada tahun 2012 lalu.

Harry Purwanto, kurator program Indonesian Contemporary Art and Disign (ICAD) dalam acara Public Presentation Sumba Residency Qatar – Indonesia 2023 Year of Culture, di Hotel Kambaniru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, NTT, Senin (6/11/2023) malam lalu menjelaskan makna dibalik Cultukar.  Dikatakannya, Cultukar merupakan penggabungan dua kata yakni Culture dan Tukar.

“Sumba Timur dipilih menjadi tempat tujuan residensi karena kekayaan dan keunikan kriyanya terkhususnya dalam kerajinan logam. Dalam program ini terpilih 4 disainer internasional untuk berkolaborasi dengan 4 local master dari Sumba Timur,” paparnya.

Harry Purwanto juga memperkenalkan 4 disainer internasional dan master aksesoris logam khas Sumba Timur yang terpilih untuk program dimaksud. Ke-4 desainer internasional yang terpilih untuk program ini yakni desainer perhiasan Dian Suri dari  Indonesia, Fahad Al Buainain, desainer perhiasan dari Qatar, desainer furniture Hendro Hadinata dari Indonesia serta Noora Al Melhim dari Qatar yang merupakan desainer interdisipliner. Sedangkan dari Sumba Timur yang didaulat menjadi local master yakni Umbu Manja Mila Meha dan Bahi Hamba Pullu yang merupakan master anyam logam serta Stepanus Ndima Pareta dan Windi Jawakori sebagai master tempa logam.

Qatar dan Indonesia sebut Harry Purwanto lebih lanjut dikatakan sebagai negara yang memainkan peran penting di Timur Tengah dan Asia Tenggara. Ada juga kesamaan karakteristik antara Qatar dan Indonesia. Hal itu sebut dia dapat diobservasi lewat pendekatan kedua negara terhadap budaya, sejarah, dan kemasyarakatan.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut