get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 Dibakar di Halaman Samping KPU Sumba Timur

Tahun 2023 Sumba Timur Kembali Masuk Nominasi Innovative Goverment Award

Selasa, 26 September 2023 | 08:51 WIB
header img
Bupati Sumba Timur Khristofel Praing saat mempresentasikan 2 dari 28 inovasi yang diajukan dalam IGA 2023 BSKD Kemendagri - Foto : tangkapan layar youtube BSKDN

Adapun alasan dari Pemkab Sumba Timur memajukan pengendalian belalang kembara secara gotong royong inovasi non digital karena memang dampak dari hama belalang kembara sangat dirasakan oleh lingkungan dan masyarakat. Belalang kembara miliki tingkat perkembangbiakan yang sangat besar juga kerusakan yang diakibatkan mencapai lebih dari 3 ribu hektar lahan, padang rumput seebagai sumber pakan ternak juga rusak mencapai ratusan ribu hektar. Belum lagi sebut dia, ada image yang terbangun dimasyarakat bahwa belalang itu tidak boleh dibasmi.


                       Graphis 28 Inovasi pemkab Sumba Timur tahun 2021-2022 - Foto : Tangkapan Layar youtube BSKDN

 

Sementara Syber Web atau Sistem Informasi Berbasis Website diajukan karena memang layanan kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyrakat yng diperhadapkan pada luasan wilayah Sumba Tiimur plus layanan bagi warga dari 3 Kabupaten tetangga. Dengan sistem ini masyarakat dapat dengan mudah tahu jumlah dokter umum dan spesialis yang siap melayani juga memperpendek antrian karena warga bisa menyesuakan waktu dengan jadwal dokter, layayan pengaduan dan ketersediaan ruang rawat inap.

Beberapa inovasi lain yang juga sekilas dipaparkan Bupati Khristofel diantaranya Si Jantan atau Sisyem Informasi Jalan dan Jembatan. Ada juga  inovasi berlabel Si Banting Kaki Tiga alias Sistem Pemberantasan Stunting Berbasis Kandang, Kolam dan Kebun.  

  

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut