get app
inews
Aa Read Next : Habis Nyoblos Pemilu Nanti Jangan Lupa ke Mal, Ada Diskonnya dengan Tunjukkan Kelingking Bertinta

Desa Tebara Sumba Barat, Raih Predikat 8 Desa Wisata Maju Terbaik ADWI 2023

Rabu, 30 Agustus 2023 | 09:26 WIB
header img
Kampung Adat Prai Ijing di Desa Tebara, Kabupaten Sumba Barat, NTT, sempat dikunjungi Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Minggu (13/8/2023) lalu - Foto : Dion Umbu Ana Lodu

JAKARTA, iNewsSumba.idDesa Tebara di Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT raih penghargaan Kategori Desa Wisata Maju dengan Predikat Juara Harapan 4 (8 Terbaik) pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wamen Parekraf/Baparekraf RI Angela Tanoesudibjo dan diterima langsung Kepala Desa Tebara Marthen Ragowino Bira, didampingi Pengurus Pokdarwis Kampung Adat Prai Ijing Stepanus Djaga Limu di Sasono Utomo, Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu 27 Agustus 2023 lalu.

Dalam kesempatan itu hadir pula Wakil Bupati Sumba Barat John Lado Bora Kaba, bersama Kadis Parekraf Charles Hermana Weru pada malam Puncak ADWI 2023 itu.

Desa Tebara merupakan 1 dari 4.573 Desa Wisata di Indonesia yang turut berpartisipasi dalam ADWI tahun ini. Hal ini sebagai bentuk kolaborasi dan konsistensi yang kuat antar-seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan pihak yang terkait dalam pembangunan desa wisata. Kemudian mengerucut menjadi  75 desa wisata yang mendapatkan anugerah terbaik dari ADWI 2023.

Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno berharap, penghargaan tersebut bisa membuka kesempatan yang baik demi peningkatan inovasi dalam membuka peluang usaha menuju pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, berbasis ekonomi hijau dalam mendorong penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

Adapun Desa Tebara menjadi Desa pertama di Pulau Sumba dan ke-4 empat di NTT (setelah Desa Waerebo/Kab. Manggarai ADWI 2020, Desa Detusoko Barat/Kab. Ende ADWI 2021, Desa Umauta/Kab. Sikka ADWI 2022 )yang berhasil masuk sebagai Finalis 50 Besar dan 75 Besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut