get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Karnaval HUT RI Ke- 78 di Sumba Timur Hari Kedua Berlangsung Meriah, Bupati Juga Spontan Menari

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 22:55 WIB
header img
Bupati Sumba Timur Khristofel Praing dengan hunusan parang spontan menari Kabokang (tarian khas Sumba Timur) bersama sejumlah peserta karnaval HUT Kemerdekaan RI ke - 78 di kota Waingapu - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id - Hari kedua Karnaval HUT RI Ke- 78 di Sumba Timur berlangsung dengan meriah. Lebih dari 60 kelompok ambil bagian dalam kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 12.30 WITA, Jumat (11/8/2023) itu. Para peserta karnaval berasal dari instansi pemerintah dan swasta juga dimeriahkan oleh atraksi drum band yang diantaranya menampilkan SMA Katolik Anda Luri.

Busana kreasi juga ditampilkan oleh beberapa peserta dalam karnaval yang juga mengambil start di Lapangan Pacuan Kuda Rihi Eti Prailiu, Kecamatan Kambera dan Finish di depan Rumah Jabatan Bupati Sumba Timur, di kota Waingapu itu.

“Ini konsepnya dirancang bersama dengan pak guru dan ibu guru. Ini nuansa mamuli Sumba,” jelas Adien,  dari SMA Negeri 3 Waingapu.

“Kalau ini Moko, ini harus dibawa jika mau adat ambil perempuan. Ini tidak terlalu besar ada yang lebih besar dari ini, tidak bisa kami pikul bawa,” ungkap Oktovianus peserta karnaval dari Paguyuban Alor yang di kawal beberapa rekannya yang bersenjatakan panah khas Suku Alor itu.

Seperti pada pelaksanaan hari pertama, karnaval hari kedua juga didominasi peserta yang mengenakan busana adat khas Sumba. Namun demikian, paguyuban yang berasal dari aneka etnis juga tampil solid dalam menyajikan aneka atraksi plus budaya khas masing – masing.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut