get app
inews
Aa Read Next : Kemenkumham RI Sosialisasi untuk Samakan Persepsi Aparat Penegak Hukum di KUHP Baru

Upacara HBI ke -73 Tegaskan Peran Imigrasi sebagai Fasilitator PKM

Kamis, 26 Januari 2023 | 20:20 WIB
header img
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone menjadi Inspektur upacara Hari Bhakti Imigrasi ke 73 tahun 2023. Kamis (26/01/2023). Foto : iNewsSumba.id/ Emi Maunmuti

"Imigrasi dapat memberikan berbagai kemudahan untuk menarik investor-investor asing melalui program Golden Visa, dan memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan melalui sistem yang sudah terkoneksi dan terintegrasi secara luas," paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya Imigrasi merupakan fasilitator Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (PKM). Oleh karena itu, Imigrasi harus mampu memberikan pelayanan keimigrasian yang terbaik bagi masyarakat sekaligus melaksanakan fungsi penegakan hukum demi keamanan negara. Saat keamanan negara terjamin, maka investasi akan berdatangan ke Indonesia sehingga berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Penguatan internal Ditjen Imigrasi menjadi faktor penting untuk membangun Imigrasi yang lebih kuat kedepan. Baik melalui pelatihan, pendidikan, maupun mendorong para pemikir untuk menghasilkan berbagai karya ilmiah," Imbuhnya.

Marciana melanjutkan Imigrasi perlu membangun kerja sama yang efektif dengan berbagai instansi dalam upaya pengamanan perbatasan dan penegakan hukum. Utamanya institusi yang memiliki fungsi pengamanan perbatasan dan penjagaan stabilitas wilayah RI. Selain itu, kerja sama secara sistem dalam menjaga kedaulatan negara juga perlu dilakukan dengan Kementerian atau Lembaga terkait. Termasuk kerja sama dengan pihak internasional yang disertai dengan berbagai beasiswa pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas Insan Imigrasi. Kedepan, jajaran Imigrasi diharapkan lebih proaktif dalam merumuskan kebijakan, adaptif terhadap berbagai perkembangan internasional, terbuka dalam menerima hal-hal baru, dan kritis dalam mengevaluasi kebijakan.

"Tetap patuh dan teguh dalam menjalankan fungsi yang diemban. Semoga bhakti yang menjadi ibadah akan tetap selalu terwujud dan sejalan dengan sasanti di Bhumi Pura Wira Wibawa yang selalu digaungkan oleh Insan Imigrasi," tandasnya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut