get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Pemkab Sumba Timur Siapkan Dana Rp50 Juta untuk Beli Belalang Kembara

Rabu, 28 Desember 2022 | 10:24 WIB
header img
Serangan hama belalang di salah satu wilayah di Sumba Timur jadi bahan perburuan dan mainan anak - anak desa - Foto : Dion. umbu Ana Lodu/iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.idHama belalang kembara hingga kini masih menjadi momok bagi warga petani di kabupaten Sumba Timur, NTT. Serangga ini acapkali melakukan serangan secara sporadis pada kebun dan persawahan yang ditanami komoditi pangan oleh warga.

Upaya mekanis maupun kimiawi berupa penyemprotan pestisida oleh petugas dan warga sudah sering dilakukan menyikapi hama belalang itu.

Untuk memotivasi warga petani dalam memerangi atau paling tidak meminimalkan dampak serangan  belalang yang miliki nama ilmiah Locusta Migratoria itu, Pemkab Sumba Timur melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan setempat bahkan telah alokasikan dana Rp50 juta. Dana itu untuk membeli belalang hasil tangkapan warga, dimana untuk perkilogramnya dihargai Rp5 ribu.

Sayangnya alokasi dana itu hingga menjelang akhir tahun 2022 ini, belum sepenuhnya terserap atau cair. Hal itu diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian  dan Tanaman Pangan Sumba Timur, Nico Pandaraangga.

“Ada dana yang bersumber dari APBD Sumba Timur sebesar 50 juta rupiah untuk beli belalang yang ditangkap warga. Dana itu untuk 10 ton belalang, dimana perkilonya belalang dibeli seharga lima ribu rupiah,” jelas Nico pada iNewsSumba.id,  Selasa (27/12/2022) kemarin.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut