Bukan dari Tetangga, Selimut Cantik ini Layanan Para Medis Puskesmas Kawangu Sumba Timur

Dion. Umbu Ana Lodu
.
Sabtu, 26 November 2022 | 10:03 WIB
Rambu Mema dan program inovasi Selimut Cantik, yang sasarannya penderita stunting, gizi kurang dan buruk, dan ibu hamil, digagas Puskesmas Kawangu, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Pernah jadi hits lagu berjudul ‘Selimut Tetangga’ karya Repvblik Band namun di Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, NTT ini ‘Selimutnya’ merupakan inovasi layanan dan program yang digagas para medis di Puskesmas Kawangu. Sasarannya jelas yakni untuk para ibu hamil dan menyusui juga bayi.

Selimut Cantik merupakan istilah yang secara sederhana menggambarkan program kerja dan semangat yang digelorakan jajaran Puskesmas Kawangu  untuk Selamatkan Ibu Hamil dari Resiko Tinggi Kehamilan dan Cegah Stunting pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, jadi kami pakai singkatan Selimut Cantik,” jelas Rambu Mema, Plt, Kepala Puskesmas Kawangu pada iNewsSumba.id, Jumat (25/11/2022) siang lalu.

Selimut Cantik sendiri papar Rambu Mema, merupakan inovasi dari jajaran Puskesmas Kawangu yang telah dimulai pelaksanaannya pada bulan Mei 2022 lalu. Dalam penerapannya, inovasi itu melibatkan multi pihak atau stake holder  termasuk di dalamnya pemerintah desa.

Desa dilibatkan untuk menyalurkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil dan menyusui dengan menggunakan dana desa, selain itu, kata Rambu Mema, dalam perjalanannya ada bantuan yang datang dari instansi pemrintah dan swasta.

“Khusus untuk penggunaaan dana desa itu sudah disepakati di tingkat desa, jadi kami tenaga kesehatan memberikan menunya dan pengadaannya dilakukan oleh Desa, selain itu kami dapat bantuan dari BUMN dan BUMD serta pihak swasta,” timpal Rambu Mema.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini