Raja Charles III akan Pimpin Inggris Tak Disangka Berdarah Rusia, Kok Bisa?

Ahmad Islamy Jamil
.
Rabu, 14 September 2022 | 23:59 WIB
Raja Charles III Pewaris Tahta Elizabeth II ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Inggris miliki pemimpin baru, dimana sosok Raja Charles III, putera tertua Ratu Elizabeth II  baru saja resmi diumumkan sebagai pemimpin monarki Inggris.Walau hingga kini hubungan negara ini dengan Rusia sedang memanas pasca invasi negeri beruang merah itu ke Ukraina, boleh saja banyak yang belum tahu bahwa darah Rusia mengalir di tubuh Raja Charles III, kok bisa?

Melansir dari Russia Beyon, keluarga Kerajaan Inggris memiliki hubungan dinasti yang pernah berkuasa di Rusia, tepatnya dari Wangsa Romanov di masa lampau. Hubungan kedua wangsa itu bahkan terjalin begitu rumit. Kedua orang tua Charles III, yakni Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II, ternyata punya keterkaitan dengan para tsar Rusia.

Sejak silkam memang keluarga kerajaan di Eropa punya keterkaitan dan jaringan kekerabatan satu sama lainnya yang kini bahkan cenderung rumit. Apalagi jika sampai pada jalinan antara Dinasti Windsors asal Inggris dan Dinasti Romanov dari Rusia. Hubungan itu tejadi di masa Ratu Victoria, yang dikenal sebagai “Neneknya Eropa”.

Menurut Russia Beyond, kakek buyut dari pihak ibu Raja Charles III, yaitu Raja Inggris George V, adalah cucu dari Ratu Victoria. Sementara Nicholas II, tsar terakhir Rusia, pada saat yang sama, menikah dengan cucu perempuan Victoria lainnya, Alix dari Hesse, atau dinamai Alexandra Feodorovna dalam tradisi lisan Rusia.

Bahkan Raja George V, adalah sepupu Tsar Nicholas II. Ibunda George, Alexandra dari Denmark, dan ibunda Nicholas, Maria Feodorovna (atau disebut juga Dagmar dari Denmark), adalah kakak beradik. Hubungan kedua perempuan itu bahkan adalah saudara kandung, alias lahir dari ayah dan ibu yang sama. Keduanya diketahui cukup dekat. Setelah kaum Bolshevik membunuh Nicholas II dan seluruh keluarganya pada 1918, di masa Revolusi Rusia, George V menuangkan kesedihannya dalam buku hariannya.

“Itu adalah pembunuhan yang busuk. Saya mencurahkan (rasa sedih) kepada Nicky, yang merupakan pria paling baik dan pria yang teliti: mencintai negara dan rakyatnya,” tulis George dalam buku catatannya itu.melukiaskan kepedihannya akan tragedi yang menimpa Nicky, demikian sapaan akrab George kepada Nicholas.

Silsilah ayah Raja Charles III sendiri yakni dilihat dari Pangeran Philip ternyata juga punya akar Rusia. Ibu Pangeran Philip atau nenek Charles, yakni Putri Alice dari Battenberg, adalah keponakan Permaisuri Rusia, Alexandra Feodorovna. Pada saat yang sama, Alice adalah sepupu dua kali Tsar Nicholas II. Di sisi lain, ayah Philip atau kakek Charles, yaitu Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, juga merupakan keturunan Romanov. Andrew bahkan pernah bertugas di dinas ketentaraan Rusia!  Tsar Nicholas I dari Rusia, adalah kakek dari ibu Andrew. Ibunya itu bernama Olga Konstantinovna yang juga permaisuri Yunani.

Sampai di sini sudah lumayan tahu kekerabatan dan asal muasal darah ruaia yang mengalir di tubub  Raja Charles III? Bagaimana, lumayan rumitkan?

 Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Resmi Pimpin Inggris, Raja Charles III Ternyata Berdarah Rusia! ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/resmi-pimpin-inggris-raja-charles-iii-ternyata-berdarah-rusia/2

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini