Rishi Sunak Perdana Menteri Baru Inggris, Figur Terkaya dalam Pemerintahan Bahkan Ungguli Sang Raja

Suparjo Ramalan
.
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 22:04 WIB
Rishi Sunak Perdana Menteri Inggris yang baru ternyata lebih kaya dan Raja Charles III - Foto : Reuters

LONDON, iNewsSumba.id - Setelah Mantan Perdana Menteri  (PM) Inggris Liz Truss resmi mengundurkan diri, Raja Chales III resmi melantik Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris di istana Buckingham, London pada hari Selasa (25/10/2022) lalu. Figur yang baru dilantik menjadi PM Inggris baru tersebut disinyalir menjadi PM Inggris terkaya yang pernah ada, bahkan konon kekayaan pribadi keluarganya melebihi kekayaan Raja Charles III

Selain karena kekayaannya, Sunak yang saat ini berusia 42 tahun juga menjadi sorotan karena ia juga menjadi pemimpin Inggris termuda sejak tahun 1812. Selain itu Rishi Sunak yang keturunan India ini juga menjadi PM Inggris pertama yang bukan dari warga kulit putih (Kaukasia). Rishi Sunak istimewa karena ia adalah PM ketiga yang dimiliki Inggris dalam jangka waktu 2 (dua) bulan terakhir.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa yang membuatnya mendapatkan perhatian besar adalah karena harta kekayaan keluarganya. Rishi Sunak sangat kaya, sehingga ini adalah kali pertama dalam sejarah Inggris bahwa penghuni 10 Downing Street (kediaman PM Inggris) akan lebih kaya dibanding penghuni Istana Buckingham. 

Menurut Global News dan Sunday Times Rich List, Rishi yang merupakan mantan bankir Goldman Sachs dan manajer Hedge Fun memiliki kekayaan bersama dengan istrinya Akshata Murty senilai 730 juta poundsterling atau sekitar Rp13,14 triliun. Berkat kekayaannya pasangan ini menjadi orang terkaya nomor 222 di Inggris. 

Sebagai perbandingan, Raja Charles III dan istrinya Camilla memiliki kekayaan bersih gabungan antara 300 hingga 350 juta poundsterling atau sekitar Rp5,4 triliun hingga Rp6,3 triliun. Untuk perbandingan berikutnya, Ratu Elizabeth sebelum meninggal memiliki harta kekayaan yang diperkirakan senilai 370 juta poundsterling atau Rp6,7 triliun. Ini artinya, Sunak lebih kaya dibanding kekayaan gabungan Raja dan Ratu.

Kantor berita CBS News juga melansir bahwa Rishi Sunak merupakan PM Inggris terkaya, melampaui pemegang rekor sebelumnya, yakni Edward Stanley. Menurut Guinness Book of World Records, Earl of Derby ke-14 yang menjabat sebagai PM Inggris sebanyak tiga kali pada 1800-an memiliki kekayaan sebesar 509 juta dalam dolar AS saat ini atau sekitar Rp7,9 triliun.  

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini