Logo Network
Network

Rishi Sunak Perdana Menteri Baru Inggris, Figur Terkaya dalam Pemerintahan Bahkan Ungguli Sang Raja

Suparjo Ramalan
.
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 22:04 WIB
Rishi Sunak Perdana Menteri Baru Inggris, Figur Terkaya dalam Pemerintahan Bahkan Ungguli Sang Raja
Rishi Sunak Perdana Menteri Inggris yang baru ternyata lebih kaya dan Raja Charles III - Foto : Reuters

Sumber Kekayaan Rishi Sunak

Dari mana sumber kekayaan Sunak? Sunak lahir dari keluarga berada. Ayahnya adalah dokter dan ibunya seorang apoteker. Sunak yang lulusan Universitas Oxford dan Stanford ini pernah bekerja di Goldman Sachs dan beberapa perusahaan hedge fund sebelum menjabat sebagai anggota parlemen hingga menjadi menteri keuangan di bawah mantan PM Boris Johnson.

Sebagian besar kekayaan Sunak berasal dari pernikahannya dengan Akshata Murty pada 2009 lalu. Murty merupakan putri salah satu konglomerat di India, Narayana Murty. Akshata Murty istri Rishi Sunak memiliki sebagian saham di perusahaan IT milik ayahnya, Infosys. Narayana adalah salah satu pengusaha IT paling terkenal di India dan dijuluki Bill Gates-nya India.

Menurut Forbes, kekayaan Narayana sebesar 3,9 miliar poundsterling atau Rp70,23 triliun. Sementara Infosys saat ini memiliki kapitalisasi pasar mencapai 67 miliar poundsterling atau sekitar Rp120,65 triliun. 

Mengutip Evening Standard, berdasarkan data Refinitiv, Akshata Murty mengendalikan sekitar 0,9 persen saham Infosys senilai 629 juta poundsterling atau Rp11,3 triliun. Di samping memiliki saham perusahaan, mereka juga menerima dividen. Akhshata Murty diperkirakan telah menerima dividen dari perusahaan IT Infosys sebesar 13,7 juta poundsterling tahun lalu. 

Selain dari itu, Sunday Times menyebutkan sumber kekayaan Sunak dan Murty juga berasal dari teknologi dan dana lindung nilai, yang menyiratkan bahwa 40 juta poundsterling mungkin berasal saat Sunak menjadi mitra di dana lindung nilai Children's Investment Fund Management dan Theleme Partners, di mana di saat yang sama Sunak menjabat sebagai Direktur Catamaran Ventures, perusahaan investasi yang juga dimiliki oleh ayah mertuanya, yang dia pimpin sejak 2013 hingga 2015 sebelum terjun ke dunia politik. Sebagai salah satu orang terkaya di Inggris, mereka juga memiliki beberapa aset mewah.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.