get app
inews
Aa Read Next : Situs Pembangkang Ukraina Buat Elon Musk Terkejut, Namanya Sempat Tercantum lalu Hilang

Ukraina Dituding Putin Enggan Berdamai Dengan Rusia

Rabu, 20 Juli 2022 | 08:36 WIB
header img
Presiden Vladimir Putin tuding Ukraina enggan berdamai Foto/REUTERS/Maxim Shemetov.

MOSKOW, iNewsSumba.id - Presiden Rusia Vladimir Putin menuding Pemerintah Ukraina tak punya keinginan untuk berdamai. Ukraina disebutnya tak mau memenuhi persyaratan sebagaimana dicapai dalam kesepakatan awal.

Pdahal sebut Putin sudah ada persyaratan kesepakatan damai awal pada Maret lalu. Jiksa saja Ukraina berpegang pada persyaratan kesepakatan damai itu, secara praktis sebenarnya sudah tercapai damai bagi ketua negara eks Soviet itu.

"Hasil akhir tentu saja bergantung pada kemauan para pihak untuk melaksanakan kesepakatan yang telah dicapai. Hari ini kami melihat pemerintahan di Kiev tidak memiliki keinginan seperti itu," ujar Putin, usai berkunjung ke Iran, Rabu (20/7/2022), seperti dikutip dari Reuters.

Negosiasi kedua pihak berlangsung pada Maret salah satunya dengan perantara Turki. Kedua pihak membuat usulan masing-masing, tapi tanpa terobosan. Saat itu, Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan hanya hasil konkret dari pembicaraan yang dapat dipercaya.Ukraina hinggga kini belum merespon pernyataan Putin tersebut.  

Putin lebih jauh memuji Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menengahi konflik negaranya dengan Ukraina.

Selama kunjungan ke Iran, Putin juga bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membahas kesepakatan yang akan melanjutkan ekspor gandum dari wilayah Laut Hitam Ukraina yang saat ini diblokade oleh Rusia. Rusia siap memfasilitasi ekspor biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam, namun mendesak agar pembatasan ekspor biji-bijian negaranya dicabut. Putin mengatakan tidak semua permasalahan terkait ekspor biji-bijian bisa diselesaikan, namun faktanya sejauh ini ada perkembangan.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut