get app
inews
Aa Read Next : Raja Charles III akan Pimpin Inggris Tak Disangka Berdarah Rusia, Kok Bisa?

Situs Pembangkang Ukraina Buat Elon Musk Terkejut, Namanya Sempat Tercantum lalu Hilang

Senin, 17 Oktober 2022 | 12:07 WIB
header img
Elon Musk terkejut paska namanya sempa tmasuk dalam situs pembangkang Ukraina (FOTO: MNC Media)

WASHINGTON, iNewsSumba.id – Ellon Musk yang merupakan salah satu dari 10 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes yang juga pemilik dari perusahaan eksplorasi teknologi SpaceX dan mobil listrik Tesla merasa prihatin bahwa dirinya disinyalir masuk ke dalam daftar orang tak bersahabat dengan Ukraina. Musk masuk dalam daftar situs web Mirotvorets yang berarti Pencipta Perdamaian.

Situs Mitroverts ini berisi orang-orang yang dianggap pro-Rusia. Beberapa nama orang terkenal di dunia yang pernah masuk dalam daftar tersebut hidupnya berakhir tragis. Sebagian dari nama yang pernah masuk dalam situs ini dibunuh secara keji, salah satunya adalah seorang jurnalis Rusia Darya Dugina.

Situs web Mirotrovets dibuat sejak tahun 2014 setelah wilayah semenanjung Krimea dikuasai Rusia. Mirotrovets mengklaim bahwa mereka merupakan database independent yang dikelola oleh moderator yang tidak diketahui namanya. Meski sejak tahun 2014 situs web ini banyak mencantumkan nama – nama tokoh terkenal yang di kemudian hari diketahui sudah terbunuh atau “dimusnahkan”. Namun situs web ini membantah keras bahwasanya nama-nama yang ada dalam daftar mereka merupakan target pembunuhan.

Adapun situs web ini menjadi terkenal karena terbunuhnya dua tokoh terkenal yakni Oles Buzina dan Oleg Kalashnikov di Ukraina pada tahun 2015. Fakta ini yang kemudian membuat Ellon Musk merasa khawatir saat namanya masuk ke dalam daftar nama tokoh yang “Tidak ramah” pada Ukraina dan ditampilkan pada situs web Mirotrovets.

 “Apakah daftar ini sungguhan? Apa URL-nya?” tanya Musk, bereaksi atas cuitan akun Twitter seorang jurnalis independent Bernama Eva Karlene Bartlet yang membagikan tangkapan layar situs web Mitroverts yang menunjukkan Musk masuk dalam daftar orang yang tidak ramah pada Ukraina.

Nama Musk hilang dari daftar situs web Mirotvorets pada Sabtu lalu, dan belum diketahui mengapa namanya hanya muncul sebentar di Mirotvorets. Namun diduga ada keterkaitan antara hilangnya nama Musk dengan rencananya pad ahari itu untuk tetap memberikan layanan internet Starlink miliknya pada Ukraina.

Media Ukraina sendiri memberikan pernyataan bahwa pencantuman nama Musk dalam situs web Mirotrovets itu adalah hoaks, dan menyebutnya sebagai ulah Rusia.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul https://www.inews.id/news/internasional/elon-musk-terkejut-namanya-sempat-muncul-di-situs-web-daftar-pembangkang-ukraina.


 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut