2 Hotel dan Perusahaan Perkebunan serta Pabrik Gula ini Didatangi KPK di Sumba Timur

Dion. Umbu Ana Lodu
Tim KPK dan Bapenda Sumba Timur saat bertemu dengan pihak manajemen Hotel Tanto dan Hotel Padadita - Foto Kolase : istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Tim  dari Direktorat Koordinasi dan Supervisi KPK Wilayah V melakukan sejumlah kegiatan di Kabupaten Sumba Timur, NTT. Setelah Rapat Koordinasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dan Survey Kepuasan Penggunaan Monitoring Center For Prevention (MCP) Tahun 2024 bersama Pemkab, Senin (29/7/2024) ternyata masih ada aksi lanjutannya.

Selasa (30/7/2024) sejumlah Hotel dan Badan Usaha lainnya didatangi KPK bersama Bapenda Sumba Timur. Terkait hal itu dibenarkan oleh Dominggus Bandi, Kepala Bapenda melalui Wilhelmus Lamba, selaku Sekretaris Bapenda setempat ketika dikonfirmasi iNews.id melalui ponselnya malam tadi.

“Tadi kami dampingi di tiga titik yakni di PT MSM, Hotel Tanto dan Hotel Padadita,” kata Wilhelmus.

Aksi lapangan KPK itu kata Wilhelmus untuk mengecek beberapa hal terkait dengan pendapatan daerah yang mestinya bersumber dari keberadaan usaha yang dilakukan baik oleh Hotel Tanto, Hotel Padadita dan juga PT Muria Sumba Manis (MSM).

“Kalau Hotel Tanto dan Hotel Padadita KPK tadi mengecek kesesuaian antara data tamu atau omzetnya dengan yang dilaporkan ke Bapenda. Karena disinyalir ada ketidaksesuaian, dan setelah di cek ternyata benar ada selisihnya,” ungkap Wilhelmus.

Terkait dengan ketidaksesuaian antara data tamu atau omzet dikedua hotel itu jika disandingkan dengan data yang dimasukkan ke Pemkab melalui Bapenda, kata Wilhelmus oleh KPK diberikan rekomendasi.

“Uji coba yang dilakukan oleh KPK tadi memang benar ada ketidaksesuaian, dimana yang dilaporkan sekian tapi ternyata riilnya lebih besar dari itu. Karenanya KPK memberikan rekomendasi untuk dihitung kembali oleh kami, dan jika ternyata kurang, pihak hotel wajib membayarnya. Sehubungan dengan itu, pihak manajemen Hotel menyanggupinya,” imbuh Wilhelmus.

Sementara itu, KPK dan Bapenda yang melakukan kunjungan ke PT MSM di Desa Wanga, Kecamatan Umalulu, juga ditemukan adanya permasalahan pembayaran pajak. Wilhelmus menguraikan bahwasanya di Perusahaan yang berinvestasi perkebunan tebu dan pabrik gula itu ada kegiatan pengadaan makan minum.

“Di PT MSM ada kegiatan yang nota bene pengadaan makan minum, jadi terkait pajak makan dan minum yang telah beberapa kali kami audiens, sosialisasi dan juga surati, terkait mereka tidak membayar pajak ke kami. Tadi dengan bantuan KPK kami ke sana untuk mengclearkan itu,” paparnya.

Dari hasil audiens KPK dan Bapenda di PT MSM itu lanjut Wilhelmus disimpulkan bahwa harus adanya pajak terkait pengadaan makan dan minum itu sebanyak 10 persen yang disetorkan ke Pemkab Sumba Timur melalui Bapenda. Namun oleh pihak PT MSM disebutkan pengadaan itu melalui vendor dan telah ada perjanjian sebelumnya.


Tim KPK dan Bapenda Sumba Timur saat melakukan audiens dengan manajemen PT Muria Sumba Manis (MSM) di Desa Wanga, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, NTT - Foto kolase : istimewa

 

“ Tadi informasi dari pihak Manajemen PT MSM kepada KPK dan kami bahwa ada perjanjian antara pihaknya dengan vendor. Oleh KPK diminta untuk tunjukkan perjanjian itu, dan juga setahu kami selama ini tidak pernah ada pembayaran pajak ke Bapenda,” lanjut Wilhelmus.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network