Paus Fransiskus Kecam dan Kutuk Pembakaran Alquran di Swedia

Dion. Umbu Ana Lodu, Ahmad Islamy Jamil
Paus Fransiskus Kecam dan Kutuk Pembakaran Alquran - Foto : AFP dan MPI

DUBAI, iNewsSumba.idPembakaran Alquran dalam bentuk salinan atau mushaf di luat sebuah masjid di Stockholm, Swedia Rabu (28/6/2023) lalu oleh seorang demonstran mengundang kecaman dari Paus Fransiskus. Pimpinan tertinggi Gereja Katholik itu tak hanya mengecam namun juga mengutuk perilaku Salwan Momika (37) itu.

Sebagaimana diungkapkan Paus Fransiskus pada surat kabar Uni Emirat Arab, al-Ittihad, Senin (3/7/2023) lalu, dengan tegas dirinya ungkapkan kemarahannya atas tindakan penodaan agama itu. Apalagi persitiwa itu berlangsung tepat dengan momen Idul Adha 1444 H. 

Adapun pelaku Salwan Momika (37) merupakan warga negara Irak yang melarikan diri ke Swedia, beberapa tahun silam. Tak hanya membakar, Momika juga menginjak-injak Alquran di depan dan didalam pengawalan polisi setempat.

Aksi itu diketahui mendapatkan izin oleh Polisi setempat atas dasar perlindungan kebebasan berbicara. Namun seiring dengan kecaman dari sejumlah kalangan, Polisi mulai melakukan penyelidikaan. Apalagi peristiwa serupa pernah juga beberapa kali terjadi di masa lalu seperti yang dilakukan Rasmus Paludan, seorang ekstrimis kanan.

Rasmus Paludan melakukan tindakan yang tidak jauh beda dengan Salwan Momika yakni dengan brutal menginjak dan  membakar Alquran Stockholm tepatnya di depan Kedutaan Turki.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network