get app
inews
Aa Read Next : Respon Keluhan Sopir Truck Ekspedisi, PT Pelni Waingapu Bersisikuh Jalankan Surat Edaran Pusat

Polairud Sumba Timur Bersih-bersih Pantai Bersama Nelayan Kampung Bugis

Sabtu, 08 Juni 2024 | 18:52 WIB
header img
Kru Kapal Polisi Pulau Semau XXII – 3012 dan Kapal Polisi Pulau Palu’e XXII – 3006 sinergi dengan masyarakat nelayan Kampung Bugis, bersihkan Pelabuhan atau Dermaga Lama Waingapu - Foto : INewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Jajaran Polairud Markas Unit (Marnit) Sumba Timur, Sabtu (8/6/2024) pagi hingga jelang siang tadi lakukan aksi bersih-bersih pantai dan Pelabuhan Waingapu. Aksi simpatik itu menggandeng masyarakat nelayan di seputaran Kampung Bugis, Kelurahan Kamalaputi, Kota Waingapu.

Dir Polairud NTT, Kombespol Irwan Deffi Nasution, kepada iNews.id menjelaskan, aksi bersih-bersih pantai itu merupakan bentuk nyata peringatan World Ocean Day 2024.

“Khusus Polairud Marnit Sumba Timur aksi bersih-bersih itu dilakukan oleh pimpinan dan kru Kapal Polisi Pulau Semau XXII – 3012 dan Kapal Polisi Pulau Palu’e XXII – 3006 dengan bersinergi bersama masyarakat nelayan Kampung Bugis,  bersihkan Pelabuhan atau Dermaga Lama Waingapu juga pantai,” jelas Irwan Deffi Nasution.

Selain itu, di sela-sela kegiatan bersih-bersih pantai itu, warga diberikan pemahaman akan pentingnya menjaga ekosistem laut dan pantai. Hal itu sebut Irwan Deffi penting bagi kelestarian lingkungan secara umum dan khususnya bagi masyarakat nelayan yang gantungkan ekonominya pada sumber daya laut.

Beberapa karung sampah yang didominasi sampah plastik berhasil terkumpul dalam aksi simpatik itu. Selanjutnya sampah-sampah itu dibuang pada tempat semestinya.

“Kepada masyarakat pengunjung pelabuhan juga kami harapkan turut menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Kasihan jika laut  tercemar, pantai kita yang alami dan indah bisa tinggal kenangan nantinya,” pungkas  Irwan Deffi Nasution.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut