get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Bukan Sekali, Warga Mondu Lambi Terabas Sungai Banjir Berarus Deras Antar Jenazah

Viral, Warga Mondu Lambi Sumba Timur Menyabung Nyawa Antar Jenazah Lintasi Sungai Banjir

Sabtu, 06 April 2024 | 10:08 WIB
header img
Puluhan warga berjibaku dan seakan menyabung nyawa, ketika menyerangi sungai berarus deras karena luapan banjir saat mengantar jenazah kerabatnya di Desa Mondu Lambi, Kecamatan Lewa Tidahu, Kabupaten Sumba Timur - Foto : istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Warga Sumba, NTT, sejak kemarin disajikan video viral yang menampilkan suasana yang memprihatinkan di Desa Mondu Lambi, Kecamatan Lewa Tidahu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Betapa tidak, puluhan warga berjuang bahkan seakan menyabung nyawa, untuk mengantarkan peti jenazah kerabat mereka dengan menlintasi sungai besar yang meluap atau banjir.

Cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari terakhir di sejumlah wilayah di Kabupaten Sumba Timur, membuat mobilisasi warga terhambat. Di Desa Mondu Lambi ini, warga terpaksa menyebrangi sungai yang berarus deras karena meluap dan banjir. Hal itu terjadi karena tidak adanya fasilitas penyeberangan yang memadai baik berupa perahu apalagi jembatan.

Seperti yang ditampilkan dalam video berdurasi 3 menit 2 detik itu, kanal Youtube berlabel Yoga Sumba, nampak puluhan warga berjibaku berupaya menyeberangkan sebuah peti jenazah. Peti jenazah diletakkan di atas rakit dari bambu, dan lalu disebrangkan dengan cara merenangi sungai berarus deras itu.

“Itu jenazah Magdalena Horu Manggu, kakak ipar saya yang meninggal beberapa hari lalu karena lakalantas di Lewa. Kemarin siang keluarga dan warga lainnya antar ke rumah duka di seberang sungai,” jelas Gidion Wali salah satu kerabat  almarhumah yang dihubungi, Sabtu (6/4/2024) pagi tadi.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut