get app
inews
Aa Read Next : Dekatkan Pelayanan pada Masyarakat Sumba, Pos Ind dan BPJSTK Jalin Kolaborasi

Tokoh Adat Bali Beri Peringatan Perantau asal Sumba yang Sering Buat Onar, Warganet Berikan Dukungan

Selasa, 20 Februari 2024 | 23:44 WIB
header img
Jro Bima didampingi Jro Banaspati Raja memberikan peringatan bagi oknum perantau asal Sumba yang sering berbuat onar - Foto : tangkapan layar chanel Youtube IsmayaJaya Kesatria KERIS Bali

BALI, iNewsSumba.id – Tokoh adat Bali Jro Bima didampingi Jro Banaspati  Raja memberikan peringatan atau warning bagi perantau yang sering berbuat onar dan mencederai tatanan dan ketenangan di Pulau Dewata. Warning itu disampaikan lewat video di chanel Youtube IsmayaJaya Kesatria KERIS Bali, Senin (19/2/2024) lalu.

Warning Jro Bima itu merespon peristiwa keributan yang terjadi di tepat di depan Indomaret Banjar Denkayu Baleran, Desa Werdi Buana, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada Senin (19/2) sekira pukul 19.00 Wita.  Dalam peristiwa konflik yang melibatkan dua kelompok perantau asal Sumba Barat Daya, NTT, itu juga disebutkan adanya sikap arogan mereka yang menantang warga Bali yang sebelumnya berusaha menenangkan karena terusik oleh peristiwa itu.

Dalam video berdurasi lebih dari 5 menit itu, Jro Bima menegaskan sikapnya untuk tetap menjaga keluhuran tanah Bali warisan leluhur mereka. Ditegaskannya bahwa leluhur mereka telah mengajarkan tentang puputan untuk membela marwah dan harga diri tanah dan warga Bali.

Jro Bima juga tidak menampik perbuatan itu ula segelintir, karena masih banyak warga asal Sumba yang baik dan jalin hubungan kerja dan persaudaran dengan warga Bali. Karena itu, dengan sangat dirinya meminta agar para tokoh Sumba bisa memberikan pemahaman pada perantau asal Sumba untuk menjaga tingkah lakunya selama merantau dan mencari makan di Pulau Dewata itu.

Sikap keras dan tegas Jro Bima dalam videonya yang hingga Rabu (21/2/2024) dini hari telah ditonton lebih dari 23 ribu kali dan menuai lebih dari 300 komentar itu, juga direspon positif oleh warganet Sumba.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut