get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Waduh, Anggota DPRD di Sumba Timur Ternyata Banyak yang Tunggak Pajak Kendaraan Bermotor

Kamis, 02 November 2023 | 18:33 WIB
header img
Umbu Maramba Hawu, Tokoh adat Sumba Timur berikan himbauaan ada para tokoh publik untuk sadar pajak ranmor didampingi Oktovianus Mare, Kepala UPT Penda NTT Wilayah Sumba Timur - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah ari sektor pajak kendaraan bermotor (Ranmor) dengan ragam inovasi dan kemudahan yang dilakukan oleh UPT Pendapatan Daerah Provinsi NTT, Wilayah Kabupaten Sumba Timur, ternyata masih harus diperhadapkan realita adanya tokoh masyarakat yang juga legislator yang menunggak pajak. Kondisi itu merujuk data aplikasi server Samsat Sumba Timur Kamis (2/11.2023) siang lalu.

Hasil penelusuran dari  aplikasi server Samsat Sumba Timur nampak sejumlah nama oknum yang familiar di masyarakat. Oknum yang miliki ranmor dan menunggak pajak itu ternyata masih duduk sebagai legislator atau anggota DPRD Sumba Timur. Tunggakan pajak itu bervariasi mulai dari tahun 2020 dan 2022. Besarnya pajak ranmor yang ditunggak itu mulai dari puluhan hingga belasan juta rupiah.

Adapun jenis atau tipe ranmor yang menunggak pajak itu mulai dari pick up, minibus, mobil doubel cabin dan bahkan kendaraan tergolong mewah sekelas Fortuner.Realita itu diakui oleh Oktovianus Mare, Kepala UPT Pendapatan Daerah Provinsi NTT, Wilayah Kabupaten Sumba Timur.

“Yaa kita tentu terus menghimbau secara humanis untuk para tokoh itu membayar pajak. Apalagi sekarang masih ada amnesti bahkan diskon bagi pembayar pajak ranmor. Jika itu dioptimalkan tentu jumlahnya akan menyusut dari semestinya. Selain itu tentu bisa jadi contoh yang baik bagi masyarakat umum untuk membayar pajak ranmor tepat waktu, yang tentu muaranya untuk mendukung pembangunan daerah,” papar Oktovianus Mare di ruang kerjanya, Kamis (2/11/2023) siang lalu.

Di kesempatan yang sama, figur yang akrab disapa Okto itu memberikan apresiasi dan terima kasihnya pada para tokoh masyarakat, juga warga pada umumnya yang telah sadar membayar pajak ranmor.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut