get app
inews
Aa Read Next : Luapan Banjir Sungai Kakaha di Kecamatan Ngadu Ngala, Jalan Propinsi dan Juga Listrik Putus

Di Unkriswina Sumba, Walhi Gelar Diskusi Bertemakan Anak Muda Bicara Krisis Iklim di NTT

Rabu, 25 Oktober 2023 | 22:01 WIB
header img
Suasana diskusi dengan tema “Anak Muda Bicara Krisis Iklim di NTT diselenggarakan Walhi NTT di Aula Unkriswina Sumba, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, NTT - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id - Perubahan iklim akibat pemanasan global sudah menjadi isu yang sangat merisaukan sejak penghujung abad ke – 20. Salah satu faktor penyebab perubahan iklim adalah efek gas rumah kaca yang sebagian besar dihasilkan oleh industrilisasi, transportasi, kebakaran hutan dan deforestasi. Anak muda sebagai generasi penerus bangsa dan dunia di masa datang perlu menyikapinya dan mengambil peran.

Rabu (25/10/2023) bertempat di aula Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) NTT menggelar diskusi dengan tema “Anak Muda Bicara Krisis Iklim di NTT”. Diskusi ini menghadirkan sejumlah narasumber dan diikuti lebih dari 60 mahasiswa dan mahasiswi.

Umbu Wulang Tanaamah Paranggi, Direktur Walhi NTT, kepada iNews.id menjelaskan alasan yang mendasari pihaknya melibatkan anak muda dalam diskusi itu. Menurutnya, pelibatan anak muda terkait dengan tema besar yang diusung yakni keadilan antar generasi yang mana visinya adalah generasi selanjutnya.

“Kita merasa bahwa kalau pengetahuan tentang iklim dan hal – hal lain yang terkait dengan ancaman dan tantangan bagi anak muda tidak mereka pahami dan kuasai dikuatirkan ke depannya anak muda bisa apatis. Padahal merekalah nanti yang dapat dan rasakan dampaknya,” tandas Umbu Wulang.

Didampingi Deddy F. Holo selaku ketua panitia kegiatan diskusi itu, Umbu Wulang lebih jauh mengungkapkan, kini perluasan isu iklim ternyata masih cenderung ekslusif. Padahal anak muda, sebut dia dimasa kini punya segala perangkat yang memudahkan mereka untuk tahu dan kemudian menyebarluaskan informasi terkait perubahan iklim.

Anak muda tandas Umbu Wulang, sudah harus mengetahui dan menyebarluaskan informasi tentang perubahan iklim  dan juga mitigasi. Karena realitanya kini telah berada di depan mata.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut