Logo Network
Network

Sumba Timur Catat Rekor, Daerah di Indonesia yang Paling Lama Tidak Diguyur Hujan

Binti Mufarida, Dion. Umbu Ana Lodu
.
Jum'at, 06 Oktober 2023 | 10:06 WIB
Sumba Timur Catat Rekor, Daerah di Indonesia yang Paling Lama Tidak Diguyur Hujan
Sumba Timur sudah lebih dari 5 bulan tidak turun hujan. Catat rekor se Indonesia sebagai daerah terlama tidah hujan. Sebagian potret Padang Sabana dan Sawah kekeringan di Sumba Timur - Foto : iNewsSumba.id

JAKARTA, iNewsSumba.id – Kabupaten Sumba Timur menjadi daerah paling lama tidak diguyur hujan dibanding sejumlah daerah  lainnya di Indonesia.  Hal itu merujuk laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan 88 daerah yang tersebar di 18 provinsi tidak mengalami hujan terpanjang hingga awal oktober 2023.

Dikatakan BMKG, Sumba Timur di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) paling lama tidak turun hujan. Hujan enggan mengguyur wilayah itu  sudah 156 hari atau lebih dari 5 bulan.

“Baru 11% dari jumlah ZOM (Zona Musim) yang ada di Indonesia memasuki musim hujan dan sejumlah 88 daerah yang tersebar di 18 Provinsi tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan,” paparan BMKG yang dikutip Jumat (6/10/2023).

Untuk wilayah NTT, selain Sumba Timur, daerah lain yang juga alami durasi terlama tidak turun hujan yakni Kupang (116 hari) Kota Kupang (104 hari),Lembata (97 hari), Sikka (95 hari), Belu (93 hari) Sabu Raijua (91 hari) Rote Ndao (90 hari) Timor Tengah Selatan (90 hari), Timor Tengah Utara (87 hari).

Khusus ‘catatan rekor’ 156 hari Sumba Timur tidak turun hujan hanya dibayangi  oleh Kota Bima yakni selama 154 hari tidak diguyur hujan dan Lombok Utara selama 153 hari tidak turun hujan. Kedua wilayah ini ada di propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.