get app
inews
Aa
Read Next : Di Kampung Adat Prailiu, Senyawa Band Tampil Memukau Bersama Rambu Ata Ratu

Eksistensi Sanggar OSA Dipertegas pada Momen Gelaran Seni Budaya Sadar Bencana

Senin, 04 September 2023 | 10:58 WIB
header img
Sanggar Osa pertegas eksistensinya dalam bidang seni, musik dan etnis khas Sumba dalam gelaran Seni Budaya Sadar Bencana, di Kabupaten Sumba Tengah, NTT, JUmat (1/9/2023) lalu - Foto : kolase istimewa

SUMBA TENGAH, iNewsSumba.id – Sanggar Orang Sumba Asli (OSA) mempertegas eksistensinya dalam dunia seni dan hiburan khas etnis Sumba dan pelestariannya. Momentum Pagelaran Seni Budaya Sadar Bencana, Mitigasi Bencana Melalui Kearifan Lokal menjadi ajang penegasan semangat itu.

Lapangan Ratiwoya, Kabupaten Sumba Tengah, Jumat (1/9/2023) petang hingga malam hari lalu Sanggar OSA menampilkan sejumlah kreasi apik dan khasnya. Elson Umbu Riada selaku inisiator Sanggar mengakui seluruh divisi dalam sanggar berkesempatan untuk tampil. Hal itu kata dia tak bisa lepas dari peran Tim Kreatif Sanggar Osa (IMCREOSA).

Dipaparkan Elson pada iNews.id, Minggu (3/9/2023) dalam perbincangan via gawainya itu, divisi yang tampil yakni divisi OSA Musik  melalui OsamuethniC yang perform dengan lagu – lagu daerah, divisi OSA Dancer dengan sajian tari Kataga, Harama, Negu, Reja, Kaboka dan Korung. Sementara divisi OSA fashion an Kontemporer menampilkan tarian kontemporer Sumba Tengah dengan iringan musik khas Osa.

“Sanggar Osa mengisi semua kegiatan secara independen bersama rekanan dari Bandung, meskipun Kegiatan ini berada di bawah naungan BPBD Sumba Tengah dan BNPB RI. Kami dari Sanggar Osa juga menyiapkan panggung gaya rumah adat khas Sumba dengan segala ornamen unik Sumba Tengah,” papar Elson.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut