get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Hari Kemenkumham, Lapas Waikabubak Gelar Tasyakuran dan Panen Raya Brokoli

Menyatu dengan Suasana Perkampungan, TMMD 117 Raih Hati dan Senyum Tulus Warga Miskin Sumba Barat

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 22:52 WIB
header img
Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, ungkapkan rasa terima kasih atas kehadiran program TMMD 117. Program yang sangat bantu rakyat dan ringanka beban Pemerintah setempat dalam mengatasi kebutuhan mendasar warga - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA BARAT, iNewsSumba.id – Matahari memang telah terbit menyebarkan sinarnya. Namun di beberapa wilayahnya masih terhalang mendung bahkan gerimis. Demikian pula halnya di Lapangan Waihura, Desa Waihura, Kecamatan Wanukaka, Kabupaten Sumba Barat, NTT, Rabu (12/7/2023) pagi. Lapangan yang merupakan lokasi Pasola (ritual adat adu ketangkasan berkuda dan membidik lawan dengan lembing) itu sempat dibasahi gerimis.

Hawa dingin juga masih menelusup dibalik baju seragam loreng para anggota TNI yang telah siap untuk mengikuti jalannya upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 di Lapangan Waihura itu. Ketika langit mulai cerah, dan bertepatan dengan tibanya Bupati Sumba Barat Yohanis Dade dan rombongan Forkopimda, kian memantapkan tekad para anggota TNI untuk mengikuti upacara.  

Lebih dari seratus anggota TNI berdiri tegap dengan ransel dipundaknya antusias mengikuti upacara dan selanjutnya melaksanakan kegiatan TMMD ke-117 bertemakan “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” itu. Sejumlah program diantaranya Pembangunan 55 Unit Bangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) di Desa Hobawawi Kecamatan Wanukaka, pipanisasi Saluran Air Minum di Desa Patiala Dete, Kecamatan Lamboya Barat, Rehab Rumah Tidak Layak Huni, Bronjongnisasi di Desa Baliloku Kecamatan Wanukaka pembangunan Ruang Terbuka Hijau di Desa Kabukarudi Kecamatan Lamboya.

Dalam paparannya saat menyampaikan laporan kepada Bupati Yohanis Dade yang menjadi inspektur upacara, Letkol (Inf) Yuliansa Fitra,  Dandim 1613 juga Dansatgas TMMD 117 menguraikan kegiatan non fisik TMMD yang akan juga dilaksanakan. Penyuluhan peningkatan produksi pangan bersinergi dengan Dinas Pertanian, sosialisasi Wawasan Kebangsaan, penyuluhan tentang stunting kolaborasi dengan Dinas Kesehatan, penyuluhan tentang bahaya narkoba dan tertib lalu lintas sinergi dengan Polres Sumba Barat. Selain itu juga sosialisasi dan kegiatan penyuluhan tentang tanggap bencana  dan pencegahan penyakit mulut dan kuku pada ternak yang bersinergi dengan BPBD serta Dinas Peternakan Sumba Barat.

Gong ditabuh oleh Bupati menjadi penanda dimulainya sejumlah program TMMD ke 117 yang sudah pasti menyentuh langsung kepentingan warga kecil dan miskin di wilayah yang menjadi sasarannya. Sumringahnya Yohanis Dade kala dimintai komentarnya menjadi bukti pembuka bahwa program TMMD ke 117 sangat membantu langsung kebutuhan rakyat dan juga pemerintah kabupaten tentunya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut