get app
inews
Aa Read Next : TNI AD Kodim 1601 Serbu Pasar Inpres Matawai Waingapu, Sejumlah Elemen Turut Terlibat

Untung Pranoto Preman Terminal Jadi Kopassus, Pangkat Pertama Prajurit 2 hingga Sandang Letkol

Sabtu, 22 Juli 2023 | 14:15 WIB
header img
Prajurit Kopassus TNI AD adalah prajurit handal dapat diandalkan negara ini. Berbagai peristiwa penting dan bersejarah di Indonesia, Kopassus kerap menorehkan prestasi. Namun bagaimana jadi kalau preman terminal jadi anggota Kopassus. Foto: DOK

JAKARTA, iNewsSumba.id - Prajurit Kopassus TNI AD adalah prajurit handal dapat diandalkan negara ini. Berbagai peristiwa penting dan bersejarah di Indonesia, Kopassus kerap menorehkan prestasi. Namun bagaimana jadi kalau preman terminal jadi anggota Kopassus.

Kisah preman terminal jadi anggota Kopassus menerik untuk disimak berikut ini. Adalah Untung Pranoto, preman terminal di Semarang,Jawa Tengah paling ditakuti.

Kisah unik ini diceritakan oleh Iwan Santosa EA Natanegara dalam buku "Kopassus untuk Indonesia." Seseorang yang dulunya merupakan preman terminal di Semarang, Jawa Tengah, kini telah menjadi Pabandya Tatib Makopassus dengan pangkat Letkol.

Nama orang tersebut adalah Untung Pranoto. Sebelum masuk ke Kopassus, Untung seringkali berkumpul di terminal Kota Semarang dengan gaya pakaian preman, mengenakan kaos singlet, rambut panjang, dan sepatu boots koboi. Suatu saat, ia melihat pengumuman pendaftaran TNI dan tanpa ragu, langsung mendaftar.

Namun, saat baru masuk pintu pendaftaran, Pranoto diusir oleh petugas karena gaya berpakaian yang tidak pantas dan disuruh untuk berpenampilan rapi dan memotong rambut lebih pendek. Ia pun menuruti perintah tersebut dan tampil lebih baik.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut